Seorang Mahasiswi Desain Ciptakan Kemasan Ramen Instan yang Mudah Larut dan Dapat Diolah Menjadi Saus

Design
14.07.20

Seorang Mahasiswi Desain Ciptakan Kemasan Ramen Instan yang Mudah Larut dan Dapat Diolah Menjadi Saus

Sebagai bentuk solusi terhadap meningkatnya produksi sampah plastik sekali pakai, Holly Grounds ciptakan kemasan ramen instan dari materi biofilm yang ramah lingkungan.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Holly Grounds

Selama beberapa tahun terakhir, kecemasan akan pencemaran iklim akibat produksi sampah plastik sekali pakai kian meningkat. Hal tersebut pun memicu banyak desainer ataupun pakar-pakar teknologi untuk mencari solusi alternatif yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah Holly Grounds, mahasiswi product design dari Ravensbourne University London yang menciptakan kemasan ramen instan mudah larut.

Foto: Holly Grounds

Dalam rancangan Grounds, kemasan tersebut diciptakan oleh materi biofilm yang terbuat dari kumpulan sel mikroorganisme sehingga dapat larut tanpa mencemari lingkungan. Uniknya, kemasan ini tak hanya mudah larut untuk mudah dibuang, namun mengandung pula bumbu-bumbu yang terbuat dari tepung kentang, gliserin, perisa, rempah-rempah, dan air sehingga dapat digunakan sebagai bumbu atau kaldu ramen tersebut. Caranya hanya dengan merebus kemasan tersebut dalam air mendidih.

Agar dapat menjaga higienitas kemasan yang mudah larut dan dimakan ini, Grounds juga melengkapi rancangannya dengan bungkusan kertas yang dilapisi dengan wax atau lilin. Dengan rancangan ini, Holly Grounds berharap kultur makanan instan tak hanya terbatas dengan kemudahan konsumsi makanan, tetapi juga merambah ke kemudahan dan keringanan dari segi pengolahan sampah yang dihasilkan. 

Inovasi dari Grounds ini sebelumnya terpilih dalam pameran VDF x New Designers yang menampilkan proyek-proyek dari 20 mahasiswa atau mahasiswi terpilih lintas Inggris. Bagi yang ingin mengetahui informasi dan detail lebih lanjut, kunjungi situs Holly Grounds untuk mempelajari inovasi ramah lingkungan tersebut.whiteboardjournal, logo