Berdasarkan Penelitian Terbaru, Film Horor Modern Lebih Menakutkan Dibanding Film Horor Klasik

Film
21.10.20

Berdasarkan Penelitian Terbaru, Film Horor Modern Lebih Menakutkan Dibanding Film Horor Klasik

Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tiga film karya sutradara James Wan menduduki peringkat 10 besar.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Sabilla Salsabilla
Foto: USA Today

Sebuah penelitian baru telah berupaya untuk menentukan peringkat film horor yang paling menakutkan dengan cara memantau rata-rata detak jantung para penonton. Dengan nama “Science of Scare”, proyek yang dikerjakan oleh broadbandchoices ini mengamati heart rate para penonton pada lebih dari 100 jam film horor untuk menentukan 35 film yang paling menakutkan sepanjang masa.

Berdasarkan hasil temuannya, diketahui bahwa film horor bertajuk “Sinister” yang rilis di tahun 2012 menduduki peringkat teratas. Menceritakan seorang crime writer yang menyelidiki serangkaian pembunuhan dalam kumpulan rekaman film, film ini membuat para penonton mengalami peningkatan detak jantung sebesar 32%. Adapun perubahan angka tersebut meningkat dari 65 beats per minute (bpm) menjadi 86 bpm. Tidak hanya itu, lonjakan terbesar selama momen-momen mengerikan diperlihatkan di film tersebut berada di angka 131 bpm, sedikit kalah dibandingkan dengan film “Insidious” yang menghasilkan 133 bpm.

Dengan hasil peningkatan detak jantung sebesar 85 bpm, “Insidious” menempati peringkat kedua. Temuan selanjutnya diikuti oleh rilisan pertama dari “The Conjuring”, “Hereditary”, dan “Paranormal Activity” yang menduduki urutan lima besar dengan masing-masing detak per menitnya sebesar 84 bpm, 83 bpm, dan 82 bpm.

Dari peringkat yang ada, hanya terdapat empat film yang berusia lebih dari 20 tahun dari total 35 film, yakni “The Exorcist”, “Nightmare on Elm Street”, “Halloween”, dan “The Texas Chainsaw Massacre”. Tidak hanya itu, ditemukan juga bahwa tiga film karya James Wan yang terkenal akan film-film horornya masuk ke dalam peringkat 10 besar dari survei ini.

Adapun film-film yang disaksikan oleh para penonton dihimpun dari IMDB, Rotten Tomatoes, hingga kumpulan rekomendasi dari Reddit. Pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa film horor modern lebih mendebarkan dibandingkan dengan film horor klasik. Meskipun para penggemar film horor mungkin terkejut dengan beberapa scene ikonik di film klasik, namun pada nyatanya film tersebut tidak memiliki pengaruh yang signifikan di tahun-tahun berikutnya. Bagi yang tertantang untuk ikut mencoba memacu adrenalinnya, simak daftar lengkapnya di sini sembari mempersiapkan film-film yang bisa ditayangkan di perayaan Halloween pekan depan.whiteboardjournal, logo

Tags