Skandal Merilis “Percuma”, Single Bernuansa Upbeat dan Ceria

Music
12.12.20

Skandal Merilis “Percuma”, Single Bernuansa Upbeat dan Ceria

Dengan hook yang adiktif, “Percuma” mengundang gaya alternative rock era 90-an.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Niskala H. Utami
Foto: Skandal

Melakukan kegiatan untuk mengasah keterampilan merupakan salah satu cara bagi para musisi untuk mencari kegiatan ketika pandemi ini. Itulah yang dilakukan oleh Skandal, grup indie-rock dari Yogyakarta yang akhirnya merilis single terbaru mereka “Percuma”. Pertama dibuat oleh Robertus Febrian Valentino, selaku gitaris Skandal, “Percuma” mencerita pengalaman sang gitaris ketika bertemu teman lama di saat semua sudah berubah. 

Melalui berbagai pembatasan di tahun 2020, Skandal akhirnya dapat kembali ke studio Agustus hingga September kemarin. Selama dua bulan, Skandal sukses merekam tiga single yang akan dirilis beberapa bulan ke depan. “Percuma” merupakan single pertama yang mereka putuskan untuk dirilis terlebih dahulu. Argha Mahendra, selaku drummer, menjelaskan “Percuma” sebagai “tanda kalau kita masih bisa menghasilkan sesuatu di tengah pandemi”. 

Single pertama tahun ini dari Skandal merupakan sebuah lagu upbeat dan ceria yang memadukan nuansa dreamy. Lagu ini dipenuhi hook yang nagih dan lirik sederhana yang ditulis oleh Robert dan Siddha. “Percuma” menggabungkan antara vokal dan melodi yang menciptakan gaya nostalgia dari alternative rock era 90-an. 

Di saat yang sama, Skandal juga merilis video musik lagunya. Disutradarai oleh vokalis mereka, Yogha Prasiddhamukti menggunakan konsep fish-eye yang selamanya ia gemari dari video-video era 90-an. Digarap dalam satu hari, video musik “Percuma” menyoroti kesan DIY dan fun yang mencerminkan keceriaan dari lagu tersebut. whiteboardjournal, logo