Takashi Murakami Memperkenalkan Lukisan yang Belum Pernah Ditampilkan Sebelumnya di Gagosian Artist Spotlight 2020

Art
15.12.20

Takashi Murakami Memperkenalkan Lukisan yang Belum Pernah Ditampilkan Sebelumnya di Gagosian Artist Spotlight 2020

Lukisan tondo dari Murakami yang diciptakan sebagai penghormatan kepada bunga Sakura Jepang yang mulai mekar di awal Januari.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ratu Intan Mutia
Foto: Hypebeast

Memasuki musim kedua Artist Spotlight di Gagosian, Takashi Murakami akan memperkenalkan karya yang belum pernah dilihat sebelumnya. Dalam serial yang berfokus pada seniman individu selama satu minggu setiap bulannya, Murakami mempersembahkan lukisannya yang berjudul “Cherry Blossoms and Pandas 2020”. 

Pada “Cherry Blossoms and Pandas 2020”, dapat dilihat bahwa Murakami menampilkan karakter pandanya yang khas dalam berbagai warna neon. Selain panda, karakter Flower juga dapat dilihat pada motif bola. Lukisan dalam media canvas tondo ini memiliki latar yang menggabungkan bidang merah muda cerah dan bunga sakura dengan ekspresi senyum. Hal ini dimaksudkan oleh Murakami sebagai tanda penghormatan kepada bunga Sakura Jepang yang mulai mekar di awal Januari. 

Dikutip dari Hypebeast, Gagosian Gallery menyatakan bahwa Murakami telah menemukan karakter yang menggabungkan aspek kartun populer dari Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat. Mulai dari Mr. DOB hingga bunga yang tersenyum, tokoh-tokoh ini bertindak sebagai ikon dan simbol dalam hal kekerasan, teknologi, serta imajinasi. Banyak gambar Murakami yang juga berisi referensi sejarah seni yang eksplisit dan beberapa diantaranya merupakan pembaruan kontemporer langsung pada karya tradisional Jepang. Tidak hanya itu, pendekatannya terhadap seni melintasi batas antara galeri, studio, pameran seni, dan juga media. 

Lukisan Cherry Blossoms and Pandas 2020 ini dapat dilihat lebih lanjut dengan mengunjungi web Gagosian. Karya dari Murakami ini tersedia untuk dijual selama 48 jam saja. whiteboardjournal, logo