“The Trial of the Chicago 7” Mendapatkan Penghargaan Tribut Film Ansambel dari Gotham Awards

Film
21.12.20

“The Trial of the Chicago 7” Mendapatkan Penghargaan Tribut Film Ansambel dari Gotham Awards

“The Trial of the Chicago 7” terpilih oleh the Independent Filmmaker Project untuk menerima penghargaan tribut Film Ansambel dan akan diserahkan 11 Januari 2021 di acara Gotham Awards.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Nico Tavernise / Netflix

Oktober menjadi momentum politik yang cukup panas bagi Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara diam-diam di tengah malam mengetuk palu mengesahkan Omnibus Law yang mana banyak dikritik oleh berbagai elemen masyarakat; dari buruh, tani, mahasiswa, hingga kelompok rakyat yang termarjinalkan. Sontak beberapa kelompok langsung menginisiasikan demonstrasi di beberapa titik kota, terjadi secara serentak. 

Arus pertukaran informasi kini terjadi sangat pesat melalui media sosial, video-video aksi demonstran berlalu-lalang dipublikasikan dengan narasi-narasi tersendiri, membuahkan opini, dan tak jarang menimbulkan polarisasi. Pada bulan Oktober itu pula film “The Trial of the Chicago 7” tayang di Netflix, seketika film ini menjadi buah bibir banyak anak muda, mereka lalu coba membahas adegan-adegan yang berhubungan dengan kejadian demonstrasi di sini.

“The Trial of the Chicago 7” disutradarai oleh Aaron Sorkin, berlatar era ‘60-an, di mana beberapa inisiator demonstrasi anti-Perang Vietnam yang terdiri dari berbagai kelompok seperti mahasiswa, hippie, dan Black Panther. Film ini banyak mengambil adegan di dalam ruang sidang karena mereka dituduh melakukan konspirasi dan memicu kerusuhan pada saat digelarnya Konvensi Nasional Demokrat tahun 1968 di Chicago.

Film ini akhirnya dipilih oleh the Independent Filmmaker Project (IFP) untuk tribut penghargaan Film Ansambel yang nantinya akan diserahkan 11 Januari 2021 di acara Gotham Awards.

For our 30th anniversary, we are proud to introduce a new tribute honor, recognizing excellence in an ensemble cast,” ucap Jeffrey Sharp selaku direktur eksekutif IFP. “Starting this year and in the years to come, we look to celebrate a film that demonstrates the collaborative nature of a group performance and the effect that it has in elevating each individual, and the overall story. Each cast member of ‘The Trial of the Chicago 7’ delivers an intricate and powerful performance, and we are delighted to celebrate them and their cumulative achievement.” Lanjutnya.

Acara penyerahan penghargaan tersebut nantinya akan disiarkan langsung dari Cipriani Wall Street New York dengan diperketatnya syarat-syarat protokol kesehatan agar terhindar dari pandemi Covid-19.whiteboardjournal, logo