Karya “Selfie” dari Seniman AI Humanoid Pertama di Dunia akan Segera Dipamerkan

Art
18.02.21

Karya “Selfie” dari Seniman AI Humanoid Pertama di Dunia akan Segera Dipamerkan

Akan berlangsung di The Design Museum London pada bulan Mei 2021.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ratu Intan Mutia
Foto: Dazed

Pada tahun 2019, Ai-Da menjadi Artificial Intelligence (AI) humanoid pertama di dunia yang mampu membuat karya seni tanpa disisipkan unsur kemanusiaan. Dengan microchip pada mata, tangan robotik, serta algoritme inovatif, robot ini dapat menggambar dan melukis dalam sekali melihat dan sejak itu diadakan pameran tunggal pertamanya yang ternyata mengumpulkan cukup banyak uang. Sekarang, Ai-Da telah diajari untuk “melihat” di cermin dan membuat self-portraits dengan gayanya yang khas. Seniman robot hyperreal ini akan memamerkan serangkaian self-portraits atau “selfie” dalam pertunjukan baru di The Design Museum, London, UK. 

Dinamai setelah ahli matematika abad ke-19, Ada Lovelace, Ai-Da dibuat oleh direktur galeri Aidan Meller dan kurator Lucy Seal. Dalam pembuatannya, mereka juga bekerja sama dengan Universitas Oxford dan perusahaan robotika Inggris “Engineered Arts”. Dalam wawancara dengan The Times, pencipta menjelaskan bahwa pameran baru ini seharusnya berfungsi sebagai peringatan tentang ketergantungan kita pada tech-giants di dunia yang didorong oleh data.

We live in a culture of selfies,” kata Seal, “but we are giving our data to the tech giants, who use it to predict our behavior. Through technology, we outsource our own decisions. The work invites us to think about artificial intelligence, technological uses and abuses in today’s world.

Sebelumnya, Ai-Da membahas hubungan manusia dengan teknologi dalam percakapan dengan Futurist Geraldine Wharry for Dazed dan mengatakan, “I would imagine that humans really need to be more conscious of their own nature when using technology and machines. One way we can learn about human nature and its shortcomings is to look at history and watch out for those repeating patterns that might give us early warning signs when our use of technology is heading for damage, exploitation and abuse.”

Pameran self-portraits Ai-Da akan segera dipamerkan di The Design Museum mulai bulan Mei 2021. Untuk informasi selanjutnya bisa dipantau di akun instagram Ai-Da dan Design Museumwhiteboardjournal, logo