TIME Melelang NFTs untuk Tiga Buah Sampul Majalahnya yang Ikonik

Art
24.03.21

TIME Melelang NFTs untuk Tiga Buah Sampul Majalahnya yang Ikonik

Minimum pengajuan harga pada lelang untuk masing-masing sampul seharga 10 Ether atau kurang lebih $18.000 USD.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: TIME

TIME merupakan salah satu majalah terbaik yang masih mempertahankan eksistensinya, kualitasnya yang tetap terjaga mampu membuat TIME tetap berdiri hampir satu abad lamanya. Banyak sampul dari beberapa edisinya memiliki makna yang kuat ataupun ikonik; beberapa di antaranya seperti Marilyn Monroe, George Harrison, dan Barack Obama. Sampul memang memiliki peran yang cukup vital pada sebuah majalah, daya tariknya cukup tinggi untuk mengundang orang hingga membacanya.

Kini ketika seni kripto sedang menjadi fenomena internet yang cukup hangat, TIME tidak ingin melewatkan momen tersebut, mereka melelang NFTs untuk tiga sampulnya yang paling ikonik dari beberapa dekade terakhir. TIME mengumumkan hal tersebut pada hari Senin lalu dengan memberikan penjelasan bahwasanya ketiga sampul tersebut akan dijual secara terpisah melalui platform seni digital; SuperRare.

Sampul yang dipilih oleh TIME yakni bertemakan “Is ___ Dead?”, merujuk pada sampul orisinal TIME pada 8 April 1966; versi “Is God Dead?” yang pada saat itu cukup provokatif. Sampul tersebut juga menjadi yang pertama dalam sejarah TIME untuk merilis majalah yang berisikan tulisan, sama sekali tanpa gambar.

Sampul yang kedua yakni diambil dari rilisan majalah tersebut pada 3 April 2017, dengan sampul bertuliskan “Is Truth Dead?” sebagai bentuk mempertanyakan satu tahun masa kepresidenan Donald Trump. Sementara sampul yang ketiga, “Is Fiat Dead?” diluncurkan ketika masa kebangkitan NFTs dan cryptocurrencies. Direktur Kreatif TIME yang sekaligus mendesain sampul tersebut, D. W. Pine, mengatakan, “I love the idea that its meaning isn’t clear to the casual viewer — much like the crazy, lucrative world of NFTs.”

Kalian bisa mengunjungi lama dari SuperRare untuk mengikuti lelang dari ketiga sampul majalah TIME tersebut yang akan berlangsung hingga 24 Maret pukul 20:00 EST. Bagi kalian yang tertarik untuk mendapatkan sampul tersebut, pengajuan harga minimal saat proses lelang yakni 10 Ether atau kurang lebih sekitar $18.000 USD untuk masing-masing sampul.whiteboardjournal, logo