Who, What, Why: INKI Association

Design
12.05.21

Who, What, Why: INKI Association

Sebuah kolektif Berbasis di UK dan Indonesia yang berfokus pada pembangunan infrastruktur Indonesia agar mencapai Sustainability Development Goals (SDGs).

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Infrastructure Knowledge Initiatives for Indonesia

WHO

Infrastructure Knowledge Initiatives for Indonesia (INKI) merupakan sebuah kolektif yang berfokus pada bidang infrastruktur dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Didirikan pada tahun 2019 oleh Nicholas Omar dan Klarissa Ekaputri selagi mengenyam pendidikan di Departement Land Economy, University of Cambridge. Hingga sampai sekarang INKI sudah memiliki 7 komite utama dengan berbagai latar belakang; Satia Putra (Perencanaan Kota), Riza Putra (Finance), Karina Augustine (Insinyur Sipil), Sheina Rijanto (Perencanaan Kota), dan Davin Harjatanya (Insinyur Sipil). INKI percaya bahwa pembangunan infrastruktur merupakan hal penting bagi Indonesia untuk mencapai agenda Sustainable Development Goals (SDGs), entah itu dengan perumahan yang lebih baik, sistem transportasi yang lebih terintegrasi, kebijakan yang efektif, dll. INKI terbuka untuk siapa saja yang tertarik dan ingin terlibat dalam memberi kontribusi melalui pertukaran ide atau informasi dengan cara mengikuti akun Instagram resmi INKI.

WHAT

Karena fokus mereka yakni mencapai SDGs di Indonesia melalui pertukaran ide dan informasi, sejauh ini INKI telah memiliki rangkaian acara dan program secara berkala. Bertujuan agar kolektif mereka menjadi sebuah platform yang dapat secara tidak langsung memiliki andil pada perencanaan pembangunan infrastruktur di Indonesia ke depannya. Beberapa di antaranya yang sudah mereka buat yakni “Ideation Talks” yang dibagi menjadi dua program; “A Conversation With”, acara dengan seorang program figur di bidang infrastruktur untuk membahas pengalaman mereka; lalu “A Discussion On”, yang merupakan acara networking berbentuk diskusi dengan tema pilihan. “Outreach Program” merupakan kerja sama mereka dengan sekolah-sekolah di Indonesia sebagai sarana mengedukasi pentingnya pembangunan infrastruktur dan potensi karir di bidang tersebut. Sementara yang terakhir adalah “INKI Bites”, sebuah proyek di mana mereka memproduksi siniar atau unggahan di akun Instagram-nya membagikan informasi seputar infrastruktur. Semenjak terjadinya pandemi, sama seperti banyak kolektif lainnya, kegiatan mereka difokuskan menjadi online. Namun hal tersebut menjadikan INKI lebih inklusif dan aksesibel bagi teman-teman Indonesia di manapun jika tertarik mengikutinya.

WHY

INKI menyadari pentingnya berbagi ide dan informasi kepada berbagai elemen masyarakat bahwasanya untuk mencapai SDGs di Indonesia masih perlu banyak upaya dan penekanan khususnya pada mereka yang bergerak di bidang infrastruktur untuk mulai membuat perubahan agar Indonesia bisa lebih berkelanjutan. INKI berharap jika kedepannya mereka bisa berkontribusi lebih banyak lagi hingga infrastruktur di Indonesia mencapai SDGs, termasuk mempersatukan dan mendukung “infra champions” di sekitar Indonesia, bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Indonesia untuk membuat ide (ideation), dan berbagi informasi yang lebih banyak lagi dengan harapan menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih kuat dari sebelumnya.whiteboardjournal, logo