Basboi Menjelajah Tema Coming of Age dalam Rima dan Buku Cerita di Album Debutnya

Music
21.06.21

Basboi Menjelajah Tema Coming of Age dalam Rima dan Buku Cerita di Album Debutnya

Kolaborasikan musik dan visual, Basboi rilis album dan buku cerita untuk mega proyek “Adulting for Dummies”.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Shadia Kansha
Photo: Press Release/Dominion

Akhirnya, setelah sederet rilisan yang berhasil melambungkan namanya, rapper Basboi merilis album debutnya yang berjudul “Adulting For Dummies”. Album yang telah digarap sejak 2020 tersebut merupakan bukti perjalanan hidup Basboi untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa dan memahami diri sendiri.

Proyek “Adulting for Dummies” ini terdiri atas sebuah buku cerita anak-anak yang memuat 10 cerita tentang permasalahan coming of age dan dilengkapi dengan 10 lagu untuk ikut menceritakan pengalaman dan pandangan Basboi mengenai perjalanan-nya beranjak dewasa. 

Bagi Basboi, semua permasalahan yang kita temui selama proses pendewasaan berawal dari dalam diri kita sendiri. Bergantung pada bagaimana kita melihat diri sendiri, frustasi akibat meragukan diri, merubah diri sendiri, hingga akhirnya membuat diri kita bangga. Basboi ingin menanamkan aspek sentimental dalam albumnya, yaitu perspektif nya sebagai anak Indonesia yang mencoba mengejar cita-citanya di kota besar. 

Dalam album ini, Basboi bereksperimen dengan spektrum genre yang luas. Mulai dari club-ish trap beat dengan aliran rap yang ketat, bossanova dengan perpaduan pop, hingga gospel yang tetap dibungkus lirik-lirik jenaka dan relevan. Eksplorasi ini memang tidak biasa, namun diharapkan dapat memaksimalkan experience para pendengar dalam memahami arti menjadi dewasa.whiteboardjournal, logo