“Affirmation”: Sebuah Upaya Mencari Makna Jazz Dengan Single Terbarunya Batavia Collective

Music
11.08.21

“Affirmation”: Sebuah Upaya Mencari Makna Jazz Dengan Single Terbarunya Batavia Collective

“Affirmation” akan dirilis melalui R&S Records, label asal Inggris/Belgia yang terkenal membantu musisi seperti Aphex Twin dan James Blake.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Hanindito Buwono
Foto: Batavia Collective/Press Release

Terdiri dari Elza Zulham pada drum, Doni Joesran di keyboard, serta Kenny Gabriel memainkan bass synth, trio Batavia Collective merupakan sekelompok musisi berasal Jakarta yang memadukan jazz masa depan dengan liquid funk, hingga elektronik. Mereka berani menghadirkan genre musik yang menggabungkan synth dengan mengubah pikiran, progresi akord yang manis, sub-bass yang dalam, alur yang energik, bahkan tempo yang memekakkan telinga. Semua hal tersebut akhirnya akan bisa dinikmati dalam single terbarunya mereka yang bertajuk “Affirmation”.

“Affirmation” diperkenalkan sebagai salah satu bentuk kebingungan Batavia Collective mengenai apa arti musik jazz itu. Hal tersebut tidak membuat sang trio terjebak dalam belenggu arti musik itu tersendiri, menurut mereka alasan mengapa Batavia Collective membuat musik merupakan, “Tujuannya terutama untuk bersenang-senang. Melalui jamming dan setelah itu memilih komposisi tertentu bersama-sama.”

Single pertamanya ini akan dirilis dengan R&S Records. Label asal Belgia/Inggris ini terkenal telah membantu musisi-musisi macam Aphex Twin, DJ Krush, Juan Atkins, James Blake, hingga Nicolas Jaar. Yang menariknya lagi, “Affirmation” akan menampilkan kolaborasi dengan salah satu penyanyi pria yang sedang naik daun di Indonesia, yaitu Kamga.

Single terbaru Batavia Collective “Affirmation” sudah dapat dinikmati oleh seluruh dunia mulai dari tanggal 13 Agustus 2021 melalui akun Bandcamp Batavia Collective.whiteboardjournal, logo