Dari Desa Sampai Ketenaran Internasional, Voice of Baceprot Membawa Pesan Penting

Music
23.10.21

Dari Desa Sampai Ketenaran Internasional, Voice of Baceprot Membawa Pesan Penting

“Kami ingin menempatkan musikalitas di atas apapun, tanpa mencambuk identitas asli dan merubah penampilan kami.”

by Whiteboard Journal

 

Teks: Deandra Aurellia
Foto: instagram.com/voiceofbaceprot

Pada akhir Juli,  grup musik metal Indonesia, Voice of Baceprot, membagikan live cover dari lagu Slipknot tahun 2004 “Before I Forget.” Menyaksikan permainan band yang berapi-api, sulit membayangkan bahwa para wanita muda seringkali menerima ancaman pembunuhan atas penampilan mereka.

Kebangkitan Voice of Baceprot — terdiri dari vokalis-gitaris Firdda Marsya Kurnia, bassist Widi Rahmawati dan drummer Euis Siti Aisyah — berlangsung cepat tetapi tidak mudah. Band yang seluruh personilnya berhijab ini mulai terkenal pada tahun 2017 setelah cover Rage Against the Machine, Slipknot dan Pearl Jam yang segera viral secara online. Namun, seringkali fokus media didasarkan pada jenis kelamin, usia muda, dan penampilan mereka yang sederhana sebagai wanita Muslim — contohnya pada profil New York Times mereka yang menjelaskan jilbab mereka sebelum diskusi tentang musik mereka. Kualitas yang sama juga membuat mereka sering menjadi sasaran pelecehan kekerasan: Saat mengemudi pulang dari studio pada suatu malam, ketiganya dilempari dengan batu yang ditutupi dengan kata-kata kotor. Band ini bisa saja ketakutan hingga terdiam; Sebaliknya, Kurnia, Rahmawati dan Aisyah dengan berani menggunakan ketenaran mereka sebagai platform. Memang, salah satu single mereka, “God Allow Me (Please) to Play Music,” adalah jawaban langsung terhadap kritik yang menyebut mereka sebagai pendosa. Voice of Baceprot mengklaim kembali narasi mereka sebagai metalhead wanita Muslim, sambil berusaha menginspirasi penggemar di seluruh dunia — termasuk para anggota Nirvana, Rage Against the Machine, dan Red Hot Chili Peppers — dalam prosesnya.

Pada EP baru mereka, The Other Side of Metalism (Live Session), Voice of Baceprot memberikan penghormatan kepada grup yang menginspirasi mereka dengan campuran cover dan musik original. Mereka memilih empat cover pada rilisan lima lagu — “Testify” dari RATM, “IEAIAIO” dari System of a Down, “I Wear My Skin” dari One Minute Silence dan “Before I Forget” milik Slipknot – karena “itulah lagu-lagu yang memberi kami pengaruh besar sepanjang perjalanan musik kami selama tujuh tahun terakhir,” kata Kurnia melalui penerjemah. “Musik metal adalah genre yang sempurna bagi kami untuk mengekspresikan diri,” tambah Rahmawati. “Ini sangat kuat. Ini memberi kita kebebasan.”

Kecintaan mereka pada Slipknot, yang nu-metalnya yang mengamuk jelas mengilhami awal Voice of Baceprot asli, juga berasal dari kekaguman terhadap band tersebut yang mampu menutupi wajah aslinya di sepanjang karir. Untuk Voice of Baceprot, ada intrik yang jelas untuk melampaui penampilan pribadi. “Kami ingin terus maju dengan menempatkan musikalitas di atas segalanya,” lanjut mereka. “Tanpa harus mencambuk penampilan kita tetapi juga tidak meninggalkan identitas kita.”

Seperti pahlawan mereka di RATM dan SOAD, Voice of Baceprot memiliki agenda politik tanpa malu-malu, diperbarui untuk krisis generasi berikutnya. Contohnya, “The Enemy of Earth Is You” adalah tanggapan berapi-api terhadap perubahan iklim, topik yang menarik bagi band muda. “Kami merasa sebenarnya sudah mulai merasakan dampak dari kurangnya kesadaran lingkungan,” kata Kurnia. Ini adalah masalah yang sangat relevan di Indonesia, di mana penipisan air tanah ilegal, musim hujan yang lebih pendek, dan naiknya permukaan laut telah mulai mempengaruhi kampung halaman mereka: “Di desa, sangat sulit bagi kami untuk mendapatkan air bersih,” Kurnia menjelaskan, merujuk pada desa mereka. kampung halaman Garut di Jawa Barat. “Peduli terhadap lingkungan bukan hanya tentang bersikap reaktif sekarang, tetapi untuk masa depan.”

Rasa frustrasi band ini juga terlihat pada lagu “School Revolution.” Awalnya dirilis sebagai single pada tahun 2018, lagu ini adalah penghapusan terik dari penilaian yang mereka rasakan sebagai remaja di madrasah konservatif, atau sekolah Muslim setempat, di mana sang kepala sekolah menyebut musik mereka “haram”: dilarang menurut hukum agama. Pesan lagu ini tentang keputusasaan dan pemberontakan, yang dinyanyikan dalam campuran bahasa Inggris dan bahasa Sunda asli mereka. Lagu tersebut menjadi hit terobosan bagi grup tersebut, memenangkan dukungan dari Flea dan Krist Novoselic.

Voice of Baceprot juga mengumpulkan gelombang dukungan dari anggota komunitas musik lokal Indonesia. “School Revolution” diproduseri oleh gitaris Stephen Santoso, yang tampil di band metal Musikimia. Setelah tiga wanita tersebut pindah dari Garut ke Jakarta, mereka terhubung dengan gitaris Stevie Item, pahlawan death-metal DeathSquad, dan Barry Likumahuwa, pemain bass dan produser jazz terkenal di Indonesia. (Perpindahan ke Jakarta juga tepat waktu: Dengan ketiganya sekarang tinggal bersama, mereka dapat terus berlatih bahkan selama lockdown.)

Entah didukung oleh kritikus atau fan-base fanatik mereka, bintang Voice of Baceprot tidak diragukan lagi sedang naik daun: Tom Morello baru-baru ini memuji cover Rage Against the Machine mereka, mereka menulis lebih banyak lagu orisinal dan mereka mengarahkan fokusnya pada tur internasional. “Kami benar-benar ingin bermain Coachella,” Aisyah berkata dengan tegas. Mungkin antusiasme mereka yang tak terbatas hanyalah perpanjangan alami dari filosofi hidup mereka, yang diungkapkan baik dalam lirik maupun wawancara mereka. “Berani dan kuat,” kata Kurnia tegas, ketika ditanya tentang saran untuk calon musisi metal wanita. Aisyah melompat dengan mantra yang menggambarkan perjalanan tujuh tahun mereka dari anak sekolah pedesaan ke fenomena metal internasional: “Jangan takut untuk bermimpi besar.”whiteboardjournal, logo