Goth? Goblincore? Instagram Memprediksi Arah Fashion yang Lebih Bold di Tahun 2022

Fashion
14.12.21

Goth? Goblincore? Instagram Memprediksi Arah Fashion yang Lebih Bold di Tahun 2022

Melalui koleksi data pengguna, Instagram mendalami rata – rata kategori musik, fashion, user behavior, dan social media culture untuk memprediksi sejumlah tren dari setiap kategori. 

by Whiteboard Journal

 

Teks: Titania Celestine
Photo: Solen Feyissa via Unsplash

Aplikasi media sosial Instagram telah menciptakan sebuah trend report, yang menjadi sebuah prediksi akan emerging trends yang akan muncul pada tahun 2022 mendatang. Melalui koleksi data pengguna yang dimiliki Instagram, perusahaan tersebut mendalami rata – rata kategori musik, fashion, user behavior, dan social media culture pengguna Instagram untuk memprediksi sejumlah tren dari setiap kategori. 

Untuk kategori fashion, Instagram menyatakan bahwa terdapat kemungkinan besar bahwa tren berpakaian akan condong lebih berat kepada dark academia, goth, nostalgic, dan goblincore, berdasarkan sebuah prediksi bahwa 50% kalangan remaja dan dewasa muda akan mulai bereksperimentasi dengan looks yang bersifat lebih bold dan menonjol. Selebihnya, diprediksi juga bahwa kebanyakan kawula muda akan memilih untuk berbelanja melalui thrift (barang – barang secondhand) melalui situs seperti Depop dan Poshmark. 

Untuk kategori makeup dan skincare, Instagram mengantisipasi banyaknya emerging brands yang memasarkan produk yang bersifat plant-based dan vegan. Selain itu, diprediksi bahwa pada tahun 2022, pengguna Instagram yang merupakan bagian dari demografi remaja akan lebih knowledgeable akan ‘cleanproducts atau produk makeup dan perawatan kulit yang bersifat sustainable dan ethical

Selain kedua aspek tersebut, Instagram juga melaporkan akan besarnya kemungkinan bagi pengguna aplikasi media sosial tersebut untuk lebih menekankan wellness journeys dan aktivitas yang ditujukan untuk memperbaiki mental wellbeing, seperti meditasi dan manifestation exercises

Selebihnya, Instagram memprediksi bahwa musisi dan content creator pada aplikasi media sosial tersebut akan lebih fokus pada konten audio visual ketika merilis musik atau album baru, dan memprediksi lebih banyak live streaming dalam aplikasi tersebut dan virtual concerts di tahun 2022. 

Pada aspek karir, Instagram menyatakan bahwa 87% Gen Z berpendapat bahwa saat ini terlalu sering didapatkannya pekerja yang terpaksa menjalankan okupasi atas dasar keinginan untuk membayar rent atau living paycheck to paycheck. Oleh karena itu, 71% Gen Z pengguna Instagram menyatakan bahwa mereka akan lebih memilih untuk melakukan pekerjaan yang meaningful bagi mereka, walaupun hal tersebut berarti dibayar lebih sedikit. 

Untuk food trends, Instagram memprediksi akan kepopuleran masakan rumah, dikarenakan pandemi yang masih berlanjut. Menurut data Instagram, satu dari empat kaum remaja dan dewasa muda pengguna aplikasi Instagram akan mencoba metode memasak dan baking baru pada tahun 2022. 

Selepas itu, Instagram melaporkan besarnya jumlah online activism yang dilakukan melalui platform media sosial tersebut. Memprediksi peran Instagram dalam tingkat partisipasi pengguna aplikasi tersebut untuk menjalankan misi social justice dan social activism.

Untuk membaca Trend Report 2022 oleh Instagram, kalian dapat mengunjungi laman berikut: https://about.instagram.com/blog/announcements/instagram-trends-2022 whiteboardjournal, logo