Catatan Momentum Penting Industri Hiburan Sepanjang 2021: Hitam, Putih, dan Abu-Abu

Art
19.12.21

Catatan Momentum Penting Industri Hiburan Sepanjang 2021: Hitam, Putih, dan Abu-Abu

Banyak hal telah terjadi sepanjang tahun 2021, begitu pula dengan industri hiburan Barat. Banyak di antaranya yang merupakan kabar baik, tapi tidak sedikit pula yang merupakan kabar buruk.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Hafiza Dina
Foto: Reuters

Tahun 2021 menjadi titik balik bagi berbagai industri di seluruh dunia setelah hampir setahun harus berada di titik stagnan akibat pandemi COVID-19, termasuk bagi industri hiburan dunia. Marie-Louise Gumuchian mencatat beberapa momen besar di industri hiburan Barat yang meramaikan perbincangan di masyarakat selama satu tahun ke belakang:

1. Film terbaru James Bond “No Time to Die”, yang akhirnya dirilis setelah mengalami beberapa kali penundaan justru seakan menjadi booster bagi dunia sinema yang sangat terdampak pandemi COVID-19.

2. Sejumlah musisi perempuan menorehkan berbagai prestasi di ajang Grammy Awards tahun ini: mulai dari Taylor Swift dan Billie Eilish yang berhasil meraih berbagai penghargaan kenamaan, hingga Beyonce dengan 28 kemenangannya menjadi the most awarded female artist sepanjang sejarah Grammy.

3. Salah satu jaringan pertelevisian Amerika Serikat, NBC, membatalkan penayangan Golden Globes 2022 setelah mendapat tentangan dari berbagai pihak berkaitan dengan kurangnya keragaman dan isu kode etik dari HFPA group. Namun, mereka telah melakukan perubahan besar-besaran dan siap untuk mengadakan upacara pembukaannya pada Januari.

4. Nomadland, lengkap dengan Chloe Zhao, mencetak rekor baru dalam sejarah penghargaan Oscar: film dan sutradara Nomadland berhasil meraih prestasi sebagai film terbaik dan sutradara terbaik. Berkat pencapaian ini, Chloe Zhao pun tercatat sebagai perempuan Asia pertama dan perempuan (secara umum) kedua yang pernah meraih penghargaan tersebut.

5. Setelah berjuang melawan konservatori━sebutan untuk wali yang mengelola dan mengatur seluruh urusan kehidupannya━selama 13 tahun, Britney Spears akhirnya mendapatkan kembali kontrol atas kehidupan pribadi dan keuangannya.

6. Pangeran Harry dan istrinya, Meghan, kembali membuat pernyataan menghebohkan setelah Meghan, dalam sesi wawancara dengan Oprah Winfrey, membeberkan kekhawatiran Keluarga Kerajaan Inggris atas seberapa gelap warna kulit dari calon anak pertama Megan dan Harry nanti.

7. Beberapa kejadian menarik dari industri musik: ABBA merilis album pertamanya dalam 40 tahun. Adele sapu bersih tangga lagu setelah merilis album 30. Taylor Swift merilis album rekaman ulang, yang ia modifikasi dengan gayanya sendiri, dalam rangka merebut kembali lagu-lagu lamanya.

8. Beberapa fenomena menarik dari industri pertelevisian: para pemeran dalam sitcom Friends kembali bersama dalam reuni untuk sebuah serial televisi spesial. Serial Netflix asal Korea berhasil menjadi perbincangan di seluruh dunia.

9. Dari kehidupan asmara para selebriti, Kim Kardashian dan Kanye West memutuskan untuk bercerai, sementara Jennifer Lopez dan Ben Affleck kembali membangun kisah asmara setelah 20 tahun.

10. Mantan produser Hollywood, Harvey Weinstein, dipindahkan dari New York ke Los Angeles untuk diadili atas kasus perkosaan dan kekerasan seksual yang ia lakukan.

11. Sepuluh orang meninggal dalam Festival Astroworld milik Travis Scott di Houston. Sang artis dan promoter dari acara tersebut pun sudah dilaporkan secara hukum.

12. Berita duka datang dari dunia perfilman. Halyna Hutchins tidak sengaja tertembak oleh pistol yang tengah dicoba oleh Alec Baldwin dalam proses syuting “Rust”, yang mengakibatkan tewasnya sang Sinematografer. Akibat tragedi ini, proses syuting film Rust pun mengalami penundaan untuk menjalani proses investigasi terkait.

13. Tahun 2021, dunia banyak kehilangan tokoh-tokoh penting dalam industri hiburan: drummer Rolling Stones Charlie Watts; aktor Christopher Plummer, Jean-Paul Belmondo, Cicely Tyson, Helen McCrory, and Olympia Dukakis; komedian Jackie Mason; rapper DMX; co-founder Supremes Mary Wilson; Pembawa acara televisi Larry King; Larry Flynt dari Hustler Magazine; desainer busana Alber Elbaz dan Virgil Abloh; dan komposer Stephen Sondheim dan Mikis Theodorakis.whiteboardjournal, logo