Menantang Underrepresentation Disabilitas dan Visual Differences dari Anak Muda Dengan Fotografi

Fashion
16.05.22

Menantang Underrepresentation Disabilitas dan Visual Differences dari Anak Muda Dengan Fotografi

Dikecewakan oleh “konsep kecantikan yang sempit” di industri fashion mainstream, Anna Neubauer mencari cara yang lebih inklusif untuk menerapkan kreativitasnya.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Jesslyn Sukamto
Foto: Anna Neubauer / Adobe

Sebagai fotografer yang awalnya sangat terobsesi pada industri fashion, Anna Neubauer sangat kecewa terhadap konsep kecantikan yang sangat sempit, dimana pengalaman-pengalamannya terhadap kekurangan keragaman dalam pemotretan membawa fotografer asal Austria itu sebuah kesadaran yang mendalam terhadap standar kecantikan yang tradisional dan ketidakpedulian industri fashion terhadap diversitas.

Oleh karena kekecewaannya yang mendalam, Anna memutuskan meninggalkan industri tersebut, namun tetap lanjut menggunakan media fotografi sebagai alat untuk melihat dunia dalam pandangan yang lebih luas. “Fotografi sangatlah kuat”, kata Anna, “dan berkontribusi dalam membentuk cara kita melihat dunia dan orang-orang disekitar kita”. 

Dengan itu, Anna mengambil jalan yang baru terhadap fotografi dengan agensi Zebedee, agensi yang mewakili model-model dan seniman dengan disabilitas atau perbedaan yang visible. Anna mengambil jalan ini untuk paying an ode to masa kecilnya, dimana dia membuktikan tumbuh dalam keluarga yang sangat “beraneka ragam” dan “berpikiran terbuka” dengan fotografinya.

“Saya sekarang tahu bahwa dengan menunjukkan gambar yang raw dan jujur serta menceritakan kisah orang-orang yang sering tidak didengar, saya dapat berkontribusi pada masyarakat yang lebih terbuka, beragam dan inklusif.” kata Anna.

Pendekatan ini adalah salah satu yang secara khusus membantu Anna selama proyeknya dengan Harper’s Bazaar Brazil. Anak laki-laki yang ditampilkan dalam seri, Ryan, memiliki sindrom Treacher Collins, suatu kondisi genetik yang langka. Namun, dalam fokus menciptakan tampilan masa kecil yang riang dan nostalgia, Anna mengatakan kepada kita bahwa “Saya ingin memastikan untuk menunjukkan orangnya, bukan kondisinya.”

Dengan visi Anna untuk berpusat pada orang-orang dengan perbedaan yang visible atas pemikirannya terhadap kurangnya keragaman dalam kehidupan kita, Anna siap untuk membuat perubahan dengan fotografinya yang memiliki kekuatan transformatif untuk menunjukkan betapa indahnya perbedaan, dan juga berkontribusi pada komunitas yang lebih beragam dan inklusif. 

Terutama ketika kurangnya perwakilan yang memadai sangatlah serius mengingat lebih dari satu miliar orang, 15% dari populasi dunia, memiliki beberapa bentuk disabilitas yang menjadikan populasi disabilitas sebagai kelompok minoritas terbesar di dunia. Tentunya diperlukan visibilitas dan representasi yang lebih besar, dan Anna merupakan salah satu yang berani mengambil visi tersebut.

Dengan karyanya, Anna juga ingin menginspirasi orang lain untuk bergabung dengannya, karena terkadang yang dibutuhkan hanyalah kisah inspiratif yang diceritakan melalui gambar yang kuat.

​​Klik disini untuk melihat karya-karya Anna Neubauer lainnya.whiteboardjournal, logo