Desainer Muda Asal Inggris, S.S Daley Raih Penghargaan LVMH 2022

Fashion
05.06.22

Desainer Muda Asal Inggris, S.S Daley Raih Penghargaan LVMH 2022

Desainer berkebangsaan Inggris, Steven Stokey-Daley dinamakan sebagai pemenang 2022 LVMH Prize.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Inaya Pananto
Foto: LVMH 

Desainer muda asal Inggris, S.S. Daley menghadirkan koleksi perdananya dalam musim Spring/Summer 2022 bertemakan budaya “prep school” di kalangan elite pemuda Inggris. Ia bekerja sama dengan National Youth Theatre, yang juga merupakan almamaternya, untuk menciptakan sebuah koleksi yang unik dan personal. Koleksi ini ditata apik dengan pendekatan fashion editorial yang klasik, sedikit vintage, namun menarik perhatian.

Setelah menunjukkan warna uniknya melalui koleksi perdana, S.S. Daley membuka satu lagi pencapaian tahun ini yaitu menjadi pemenang dari 2022 LVMH Prize. Desainer bernama lengkap Steven Stokey-Daley ini mendapatkan hadiah dana sebesar EUR 300.000 dan mentorship khusus bersama brand LVMH (Louis Vuitton Foundation) selama satu tahun. 

Daley sendiri di dunia fashion luas dikenal akan kemampuannya dalam menciptakan tailored men’s garment yang menantang banyak ide-ide stereotipikal berkenaan dengan gender. Ia mengaburkan batasan antara maskulinitas dan femininitas dalam karyanya yang banyak menghadirkan nuansa lembut bersamaan dengan pakaian seragam institusional/sekolah laki-laki. 

Hasil-hasil karyanya telah banyak dikenakan oleh selebriti-selebriti muda Inggris seperti Emma Corrin dan Josh O’Connor dari serial “The Crown”, hingga superstar Harry Styles yang mengenakan hasil rancangan Daley dalam musik video “Golden”.

Dikarenakan ketatnya persaingan tahun ini, diputuskan bahwa dua kompetitor desainer lain, Idris Balogun dan Eli Russell Linnetz akan dianugerahi Penghargaan Karl Lagerfeld. Kedua desainer ini akan mendapatkan bantuan finansial sebesar EUR 150.000 dan kesempatan mentorship selama satu tahun. 

Dalam seremoni final ini, para kontestan dianugerahi penghargaan ini di hadapan panel desainer Grup LVMH, Stella McCartney, Maria Grazia Chiuri, Jonathan Anderson, Nicolas Ghesquière, Kim Jones, Nigo, dan Silvia Venturini Fendi. Hadir pula dalam acara ini Group advisor LVMH Jean-Paul Claverie, CEO Fashion Group LVMH Sidney Toledano, dan Direktur Eksekutif dari Louis Vuitton Delphine Arnault. 

Finalis dan sejumlah panel juri LVMH Prize 2022. (Foto: LVMH)

Arnault mengatakan, “Saya sangat senang Steven Stokey Daley memenangkan penghargaan LVMH 2022 untuk brand-nya S.S. Daley. Dia menghargai semua dasar dari tailoring klasik dengan memainkannya dengan budaya-budaya klise kalangan elit Inggris.” Karya Daley dinilai dapat membawa tren baru dalam dunia fashion ke depan, dan inilah salah satu warna yang dicari oleh LVMH. 

Finalis lain yang turut mengikuti acara penghargaan tahun ini adalah Ashlyn Park, Charlotte Knowles dan Alexandre Arsenault dari Knwls, Roisin Pierce, Ryunosuke Okazaki, dan Iniye Tokyo James.whiteboardjournal, logo