Tom Sachs Sentil Budaya Konsumerisme lewat Kolaborasi dengan Nike

Fashion
06.06.22

Tom Sachs Sentil Budaya Konsumerisme lewat Kolaborasi dengan Nike

Seniman kontemporer Tom Sachs umumkan kerjasama bersama Nike. sepatu yang diberi nama “General Purpose Shoes” akan resmi diluncurkan pada 10 Juni mendatang.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Inaya Pananto
Foto: Nike

Seniman kontemporer asal Amerika, Tom Sachs memang memiliki kemampuan tersendiri dalam membangkitkan semangat publik terhadap ragam karya inovatifnya, baik yang berkaitan dengan seni, pakaian, maupun sepatu. Terutama ketika ia bekerjasama dalam kolaborasi-kolaborasi kreatif dengan brand-brand ternama. 

Tahun ini sang seniman yang berdomisili di New York mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan brand sportswear fashion ternama yaitu Nike. ia memperkenalkan desain sepatu inovasinya yang diberi nama NikeCraft “General Purpose Shoe” atau disingkat dengan sebutan GPS. 

Sepatu ini Sachs rancang sebagai “sepatu biasa untuk orang-orang yang luar biasa” dikarenakan profil desain sepatu ini yang cukup sederhana dan lugas. Pendekatan desain yang ia pilih dapat disejajarkan dengan sejumlah desain-desain sepatu Nike yang minimalis seperti Killshot dan Waffle One, namun sepatu ini menyentuh sisi artistik Tom Sachs. Menonjolkan pesan bahwa sepatu ini sangatlah biasa atau bahkan membosankan, Nike mendorong bentuk kampanye bahwa sebuah sepatu atau sneakers tidak semestinya menjadi bagian paling menarik dari seseorang. Sepasang sepatu hanyalah sebuah alat yang digunakan oleh seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-harinya, tidak lebih tidak kurang.

Konsep advertising inilah yang mendorong Nike untuk membeli satu halaman penuh New York Times untuk iklan, memasang foto sepatu GPS yang sedikit telah usang dengan tulisan “BORING” terpampang tebal di bawahnya. Dalam gaya advertensi yang mengingatkan pada Don Draper dari serial “Mad-Men”, Nike menonjolkan sisi sederhana dari fungsionalitas dan efektivitas desain. Bersamaan dengan maraknya fast-fashion dan over-consumption, mindset ini memang terasa penting untuk ditekankan.

Iklan kampanye sepatu “General Purpose Shoes” hasil kolaborasi dengan Tom Sachs. (Foto: Nike)

Sepatu yang hadir dengan palette warna netral putih, krem, kelabu, sedikit sentuhan biru serta sol berwarna coklat camel dan hitam. Dari segi desain yang memang sederhana, jelas terlihat bahwa sepatu ini memang didesain untuk mengedepankan kenyamanan. Badan sepatunya terbuat dari bahan yang tidak kaku dan sol-nya juga terbuat dari bahan karet yang kokoh tetapi masih membentuk bentuk injakan kaki secara natural. 

Kolaborasi terbaru dari Nike dengan Tom Sachs ini akan resmi dirilis pada tanggal 10 Juni mendatang melalui NikeCraft dengan harga jual USD 110.whiteboardjournal, logo