Alessi x Virgil Abloh Menghadirkan Desain Ulang Set Peralatan Makan Berjudul “Occasional Objects”

Design
13.06.22

Alessi x Virgil Abloh Menghadirkan Desain Ulang Set Peralatan Makan Berjudul “Occasional Objects”

Merek desain Italia, Alessi telah meluncurkan “Occasional Object”: koleksi peralatan makan yang dirancang oleh mendiang Virgil Abloh.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Jesslyn Sukamto
Foto: Alessi

Alessi meluncurkan proyek baru oleh mendiang Virgil Abloh yang menawarkan pandangan baru pada peralatan makan tradisional dan bekerja sama dengan studio desainnya yang berbasis di London, Alaska Alaska. Dipersembahkan untuk pertama kalinya di Fuorisalone 2022, melalui instalasi khusus yang dirancang oleh Studio Temp, proyek ini juga menandai era baru bagi perusahaan Italia, yang merayakan ulang tahun keseratusnya pada tahun 2021 dan kini memulai babak baru dalam sejarah desainnya.

Kolaborasi antara Abloh dan Alessi muncul lebih dari setahun yang lalu, ketika sang desainer menghubungi Alberto Alessi untuk menyarankan agar mereka berkolaborasi.

Berjudul “Occasional Objects”, koleksi 4 bagian ini terdiri dari sendok, garpu, pisau—lengkap dengan carabiner untuk mengikatnya—semuanya terbuat dari baja tahan karat 18/10.

“Kembali ke bentuk pola dasar, hasil yang kami capai mungkin lebih dekat dengan alat pertama yang digunakan manusia untuk memotong dan memakan,” Alberto Alessi menjelaskan di surat kabar 100-001 perusahaan. “Rasanya seperti melupakan 200 tahun sejarah desain peralatan makan.”

Peralatan berkemah dan utilitas disebut-sebut sebagai inspirasi koleksi ini. Sendok memiliki bagian atas berbentuk persegi dan garpu garpu terbelah menjadi dua. Pegangan masing-masing perkakas dilubangi dalam bentuk geometris, dirancang untuk “menghadirkan cara baru dalam menata meja, atau sebagai sarana untuk menempelkan perkakas ini ke badan”.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Alessi (@alessi_official)


Hanya 999 set yang akan dibuat untuk koleksi ini. Akhir tahun ini, Alessi juga berniat menambah koleksinya termasuk keramik dan peralatan makan. Proyek ini bersamaan dengan Alessi yang merayakan hari jadinya yang keseratus, dan merupakan proyek pertama dari abad baru merek tersebut.whiteboardjournal, logo