Amazon Kembangkan Fitur Alexa Terbaru yang Mampu Tirukan Suara Orang yang Telah Tiada

Music
25.06.22

Amazon Kembangkan Fitur Alexa Terbaru yang Mampu Tirukan Suara Orang yang Telah Tiada

Inovasi yang beranjak dari keterpurukan orang-orang yang ditinggalkan akibat Covid-19.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ghigasmara Sekarninggar
Foto: Hossam Al Din/samma3a

Raksasa teknologi dunia, Amazon, hadir dengan inovasi terbaru untuk  asisten virtual miliknya, Alexa. Nantinya, Alexa akan memiliki kemampuan untuk meniru suara orang lain, bahkan kerabat yang sudah meninggal dunia, hanya dengan mendengarkan rekaman suara pendek kurang dari satu menit. Beranjak dari keterpurukan orang-orang yang ditinggalkan oleh kerabat terdekatnya karena Covid-19, Rohit Prasad, Wakil Presiden dan Kepala Ilmuwan di Alexa, mulai merencanakan fitur pengubah suara tersebut pada Alexa. 

“Meskipun AI (Artificial Intelligence) tidak dapat menghilangan rasa sakit dari kehilangan, namun itu akan dapat membuat kenangannya bertahan lama,” ujar Rohit Prasad ketika mengumumkan rancangan fitur terbaru Alexa dalam konferensi Re:Mars Amazon di Las Vegas. Video demonstrasi yang ditayangkan dalam konferensi tersebut, menunjukkan bagaimana Alexa dapat menghidupkan kembali suara seorang nenek untuk membacakan dongeng sebelum tidur untuk cucunya melalui fitur terbaru ini.

Tuaian pro dan kontra terhadap gebrakan inovasi AI (Artificial Intelligence) dari Amazon ini, ramai menjadi perbincangan di Twitter. Tidak sedikit pengguna twitter yang menyandingkan fenomena ini dengan salah satu tayangan dalam series “Black Mirror”, pula, ada yang mengungkapkan rasa ketidaknyamanannya dengan ujaran “freaky”, “weird” hingga “creepy



“Kita tidak diragukan lagi sedang hidup di era keemasan AI (Artificial Intelligence), dimana mimpi dan fiksi ilmiah menjadi sebuah realita,” ungkap Rohit Prasad. Fitur pengubah suara yang akan dimiliki Alexa memiliki potensi besar, namun juga rentan terhadap tindak kriminal digital yang salah satunya berakar dari penyalahgunaan AI (Artificial Intelligence).

Fitur yang masih dalam proses pengembangan dan perencanaan ini memanfaatkan aspek companion relationship dan human-like empathy yang dimiliki oleh Alexa. Rohit Prasad optimis bahwa Alexa akan semakin banyak digunakan walaupun belum ada agenda pasti kapan fitur ini akan diluncurkan secara publik.whiteboardjournal, logo