Footage Gameplay “Grand Theft Auto 6” Dikabarkan Bocor 

Media
20.09.22

Footage Gameplay “Grand Theft Auto 6” Dikabarkan Bocor 

GTA 6 dikabarkan bocor akibat ulah seorang hacker dengan nickname “teapotuberhacker”. 

by Whiteboard Journal

 

1

Teks: Ahmad Baihaqi
Foto: WCCFTECH.com

“Grand Theft Auto” atau lebih dikenal dengan sebutan “GTA” merupakan sebuah game besutan Rockstar Games yang sudah tak asing lagi bagi para penikmat game open world. Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan mengenai footage gameplay dari seri “GTA 6” yang bocor dan beredar di internet, terutama di dalam forum-forum pemain GTA.

Dalam kebocorannya, terdapat file sebesar 3GB berbentuk 90 klip video cuplikan dari gameplay “GTA 6” yang hingga kini belum memiliki kepastian kapan akan dirilis. Tidak jelas bagaimana dan dari mana bocoran ini berasal, tetapi “teapotuberhacker” sang pengunggah footage menyatakan bahwa dirinya berada dalam peretasan Uber akhir pekan lalu.

Meski telah mengunggah sebanyak 90 klip video, sang hacker mengatakan mereka mungkin akan membocorkan lebih banyak data, termasuk “GTA V” dan “GTA 6” source code, assets, dan testing buildings. 

Kebocoran ini sejalan dengan beberapa informasi sebelumnya tentang “GTA 6”, contohnya dalam beberapa klip bocoran yang tersebar terdapat karakter perempuan yang bisa dimainkan. Sebelumnya, Bloomberg melaporkan bahwa dalam “GTA 6” akan ada karakter wanita protagonis yang diadaptasi dari karakter Bonnie dan Clyde. 

Klip video yang bocor ini kemudian mulai disebarluaskan melalui Youtube, Twitter, Reddit, hingga forum-forum game. Dalam salah satu video yang diunggah melalui Youtube, terlihat seorang karakter perempuan bernama Lucia yang sedang merampok restoran dan melakukan penyanderaan. Selain itu, terdapat juga banyak placeholder text dan game engine yang masih mendeteksi objek dalam sebuah scene yang menunjukkan jelas bahwa ini adalah gameplay yang belum selesai. 

Klip lain juga menunjukkan karakter yang dapat dimainkan di dalam kereta “Vice City Metro”, sesuai dengan laporan bahwa “GTA 6” akan berlatar di versi fiksi dari kota Miami seperti “GTA 2002: Vice CIty”. Selain itu, dapat dilihat terdapat juga interaksi NPC yang baru, pengembangan UI, dan animasi yang diperbarui. 

Belum jelas berapa lama usia klip bocoran tersebut, yang jelas beberapa rekaman dapat berjalan di RTX 3060 Ti dan RTX 3080, hal ini berarti umur development tidak lebih dari dua tahun. 

Meski dikonfirmasi bahwa “GTA 6” akan rilis setidaknya dua tahun yang akan datang, klip yang bocor menunjukkan tahap awal pengembangan dan pengujian yang masih belum selesai dalam beberapa aspek permainan. 

Ini bukan pertama kalinya Rockstar Games mengalami kebocoran, sebelumnya “Trusted Reviews” terpaksa membayar donasi sebesar 1 juta dolar untuk amal dan mengeluarkan permintaan maaf setelah menyebarkan detail dari “Red Dead Redemption: 2” sebelum dirilis.

Saat ini, Take-Two selaku pemilik Rockstar Games sudah mengkonfirmasi kebocoran footage dari “GTA 6”, namun diketahui bahwa Take-Two sudah mulai mengajukan permintaan penghapusan yang diunggah di Youtube. “This video is no longer available due to a copyright claim by Take 2 Interactive” mulai terlihat dalam beberapa klip bocoran.whiteboardjournal, logo