Google Meet Rilis One-Hour Meeting Limit

Media
26.10.22

Google Meet Rilis One-Hour Meeting Limit

Peraturan baru dari produk Google Meet yang semaking meningkat popularitasnya semenjak pandemi.

by Whiteboard Journal

 

Foto: Google Workspace
Teks: Marsha Huwaidaa

Ketika pandemi Covid-19 terjadi, aktivitas secara daring merupakan salah satu pilihan yang tersedia. Permintaan untuk konferensi video tentu saja meroket. Pada saat itulah Google bangkit dan memberikan kontribusi sebagai solusi. Seluruh pengguna akun Google Mail mendapatkan akses secara gratis untuk mengoptimalkan pemakaian Google meet. Pengguna Google Meet gratis dengan akun surel pribadi dapat memanfaatkan panggilan grup tanpa batas durasi selama setahun terakhir. Namun, consumer perks itu berakhir pada awal bulan ini. 

Ketika Meet tersedia untuk semua pengguna pada bulan April 2020, Google memberlakukan regulasi batas waktu 60 menit untuk panggilan hingga 30 September. Batas waktu untuk panggilan grup yang dapat berjalan sepanjang hari kemudian diperpanjang hingga 31 Maret 2021, dan sekali lagi hingga 30 Juni. Host Google Meet dapat menentukan batas panggilan video yang diinginkan. 

Kini melalui versi Google Meet yang terbaru, pengguna gratis dapat mengakses obrolan video one-on-one selama 24 jam. Namun, panggilan grup dibatasi pada 100 peserta dan durasi 60 menit. Tentu saja, pengguna akun berbayar Google, Google Workspace memiliki hak istimewa terhadap persyaratan ini. Melalui teknis penggunaan yang baru saja dirilis, semua peserta konferensi video akan mendapatkan pemberitahuan waktu tersisa pada menit ke-55. Untuk memperpanjang panggilan, host perlu meningkatkan akun Google mereka. 

Regulasi ini hadir sebagai salah satu optimalisasi Google Workspace, akses berlangganan milik Google. Fitur peningkatan akun tidak hanya diterapkan oleh Google, sebelumnya Zoom telah lebih dahulu untuk membatasi 100 peserta pada pertemuan 40 menit.whiteboardjournal, logo