Pameran Seni Arsitekur Pro Forma Le Corbusier Masih Berlangsung di Selasar Sunaryo 

Design
03.11.22

Pameran Seni Arsitekur Pro Forma Le Corbusier Masih Berlangsung di Selasar Sunaryo 

Le Corbusier adalah sosok dan kekuatan dominan dalam arsitektur abad kedua puluh. Sunaryo Art Space menjadi salah satu tuan rumah karya maket arsitektur Le Corbusier di Indonesia.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Shania Indah Adiyobikenia
Foto:  Selasar Sunoryo

Lokasi sementara yang disebut Paviliun Selasar akan dibuka di Selasar Sunaryo Art Space pada paruh kedua tahun 2022. Konsep Nenun Ruang untuk memasang pajangan maquette LeCorbusier, bersama dengan dukungan keluarga Selasar dan teman-teman yang bekerja sama untuk misi pendidikan publik, menjadi pendorong untuk membangun fasilitas baru ini. Maquette ini dimaksudkan untuk menggambarkan sudut pandang Le Corbusier sepanjang karirnya, dari akhir abad ke-19 hingga pertengahan abad ke-20, sebagai simbol simbolik atau mikrokosmos. 

Le Corbusier dikenal memiliki kemampuan membaca sejarah dan gejala zamannya dengan fasih; pembacaan yang lalu ia artikulasikan dengan lantang ke dalam bentuk abstraksi dan sintesis arsitektur baru. Banyak ide dan karya yang ia hasilkan telah menjadi arketipe modernisme dan landasan bagi kemajuan arsitektur sejak saat itu. Pameran maket-maket Le Corbusier telah berkembang menjadi program pameran keliling. Pameran maket-maket karya Le Corbusier ini dikurasi menjadi dua narasi. Narasi “Karya Tak Terbangun” (unbuilt works) dipamerkan di Kopi Manyar, Jakarta. Sedangkan Narasi “Karya Terbangun” (built works) dipamerkan di Selasar Pav, Bandung. Dengan memisahkan lewat dua narasi ini, diharapkan dapat terbaca eksperimentasi dan kelenturan pemikiran dari Le Corbusier dalam berkarya.

Pameran ini didukung oleh Wonders of Weaving, Alliance Française Singapore, dan Institut Français Indonesia. Pro Forma Le Corbusier buka dari tanggal 19 Oktober hingga 6 November 2022 di Selasar Pav, Jalan Bukit Pakar Timur No. 82, Bandung. Pameran dibuka Selasa – Minggu, pukul 10.00 hingga 17.00.


Pro Forma Le Corbusier

Selasar Sunaryo
Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198

Hingga 6 November 2022whiteboardjournal, logo