Sutradara The Last of Us Season 1 Membocorkan Direction untuk Season yang Akan Datang

Film
15.03.23

Sutradara The Last of Us Season 1 Membocorkan Direction untuk Season yang Akan Datang

Kreator The Last of Us’ Neil Druckmann dan Craig Mazin membahas perubahan-perubahan dalam serial adaptasi mereka dan rencana mereka ke depan.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Reiko Iesha
Foto: The Last of Us/Cosmopolitan

Artikel ini mengandung spoiler untuk episode sembilan serial The Last of Us. 

Episode 9 dari season 1 serial The Last of Us hasil garapan Neil Druckmann dan Craig Mazin telah tayang hari Minggu kemarin, mencerminkan akhir dari cerita yang ingin disampaikan melalui video gim The Last of Us yang rilis pada tahun 2013. Sepanjang masa penayangan The Last of Us, dengan episode-episode terbaru yang datang setiap minggu, terlihat reaksi penuh cinta dari para penggemar, tetapi tidak tanpa kritik. 

Dengan harapan serial ini dapat dinikmati para pemain video gim The Last of Us dan juga bagi mereka yang baru pertama kali mengenali tokoh Joel dan Ellie, Druckmann dan Mazin mengambil sebagian besar cerita dan aspek dari video gim The Last of Us tetapi juga membuat beberapa perubahan. Druckmann dan Mazin membahas alasan dibalik keputusan-keputusan yang telah mereka ambil selama pembuatan The Last of Us serta rencana mereka dalam mengadaptasi The Last of Us Part 2.

Dalam proses pembuatan serial The Last of Us, Druckmann dan Mazin menyadari bahwa tujuan utama mereka dalam adaptasi ini adalah untuk menunjukkan aspek yang membuat video gim The Last of Us sangat dicintai, yaitu kemanusiaan dan keinginan untuk bertahan hidup di tengah dunia post-apocalyptic yang seakan menghilangkan segala harapan. Untuk mengadaptasi suatu cerita dari sarana yang aktif, seperti suatu video gim, ke sarana televisi yang sepenuhnya pasif, Druckmann dan Mazin merasa ada banyak perlakuan khusus yang diperlukan. Salah satu langkah yang diambil oleh Druckmann dan Mazin adalah untuk mengurangi rangkaian-rangkaian action dan mengurangi perkelahian dengan infected, dengan tujuan untuk fokus kepada mencerminkan kejahatan dan keputusasaan manusia ketika harus melalui masa post-apocalyptic

Dalam video gim The Last of Us, ada banyak adegan di mana tokoh Joel berkelahi sendiri melawan infected. Adegan seperti ini cenderung dihilangkan oleh Druckmann dan Mazin dan digantikan dengan adegan yang menunjukkan interaksi antara berbagai karakter. Ini terlihat dalam adegan ketika Tess, Joel, dan Ellie melawan suatu clicker bersama. Adegan seperti ini menunjukkan dinamika dan koneksi antara ketiga tokoh yang Druckmann dan Mazin harap dapat lebih mengundang dan memicu emosi para penonton. 

Pembunuhan yang dilakukan oleh tokoh Joel dan Ellie juga sangat dikurangi dalam adaptasi serial ini, dengan tujuan untuk membuat aksi membunuh lebih berdampak, contohnya ketika para penonton harus melihat Ellie terpaksa membunuh tokoh David dan James dalam episode ke-8. Dikuranginya jumlah infected, yang dalam video gim biasanya menjadi ancaman utama bagi para tokoh, menekankan bahwa justru manusia lah yang lebih menakutkan dalam masa seperti ini, tercerminkan oleh tokoh David. 

Lalu, walau diketahui bahwa Joel berpengalaman dengan membunuh, pembunuhannya yang ia lakukan dalam serial tidak dapat dibandingi dengan segala yang ia lakukan dalam video gim. Dalam keputusan Druckmann dan Mazin untuk mengurangi rangkaian pembunuhan Joel dalam episode ke-1 hingga ke-8, semua pembunuhan yang penonton saksikan Joel lakukan di dalam rumah sakit untuk menyelamatkan Ellie di episode ke-9, sekali lagi, lebih berdampak. Hubungan antara Joel dan Ellie yang sangat diperdalam sepanjang masa serial juga membuat adegan ini lebih emosional. Keputusan dibalik perubahan-perubahan yang Druckmann dan Mazin buat semakin terlihat seiring berjalannya cerita serial ini.

Salah satu kritik terbesar akan serial ini adalah jalan cerita yang tampaknya terlalu dipercepat, dengan video gim yang seluruh gameplay-nya dapat mengambil waktu 14 jam tetapi hanya mengambil waktu kurang lebih 9 jam dalam bentuk serial. The Last of Us Part 2, sekuel untuk The Last of Us yang rilis di tahun 2020, memiliki gameplay sekitar 24 jam. Dengan cerita yang sangat panjang, Druckmann dan Mazin memutuskan bahwa tidak memungkinkan bagi mereka untuk mencakup The Last of Us Part 2 dengan hanya satu season. Maka dari itu, akan ada setidaknya dua seasons lagi yang akan bisa ditonton para penggemar serial orisinal HBO The Last of Us. 

Episode terakhir dari season 1 The Last of Us sudah bisa disaksikan di HBO GO. whiteboardjournal, logo