Polka Wars Merilis Album Perdana “Axis Mundi”

05.08.15

Polka Wars Merilis Album Perdana “Axis Mundi”

by Ken Jenie

 

Tahun 2015 menjadi tahun yang sibuk bagi Polka Wars. Setelah berangkat ke Amerika Serikat untuk rekaman di Studio Rubber Tracks milik Converse, mereka melanjutkannya dengan merilis boxset limited edition “Axis Mundi,” album perdana dari quartet ini yang terjual habis dalam waktu kurang dari dua jam. Kali ini, Polka Wars merilis “Axis Mundi” dalam bentuk CD melalui label Helat Tubruk. Pada tanggal 22 Agustus, mereka akan menggelar konser tunggal di Institut Francais Indonesia, dimana Polka Wars akan membawa lagu-lagu di “Axis Mundi” dan yang telah mereka rekam di studio Rubber Tracks. Untuk informasi selanjutnya, silahkan membaca informasi di bawah ini.

Setelah sebelumnya dirilis dalam format boxset dan digital, album perdana dari Polka Wars bertajuk Axis Mundi kini akan dirilis dalam format cakram padat (CD) pada 1 Agustus 2015. Melalui label Helat Tubruk, CD Axis Mundi merupakan rilisan fisik kedua dari Polka Wars.

Mengomentari mengapa distribusi Axis Mundi dilakukan secara terpisah dalam rentang waktu 3 bulan dengan format berbeda, drummer Giovanni Rahmadeva mengajukan alasan karena terpotong libur lebaran. Terlebih, merilis Axis Mundi di iTunes diperuntukkan bagi pendengar yang sudah “tidak sabar lagi mendengarkan album ini, banyak yang tidak puas kalau tidak memegang versi fisik.”

Lagu-lagu yang dikemas dalam CD ini akan sama seperti format sebelumnya, kecuali lagu bonus track “Coraline.” Dalam CD, nomor ini akan diambil dari rekaman Polka Wars yang sebelumnya diunggah ke dalam akun SoundCloud mereka, ketimbang versi yang bisa didengar di boxset ataupun digital.

CD Axis Mundi sudah dipastikan akan didistribusikan ke kota-kota berikut: Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Solo, Jogjakarta, Jambi hingga Makassar. Rilisan ini juga akan dibarengi dengan pengunggahan video lirik dari lagu “Mokéle” yang merupakan single dari album Axis Mundi di kanal YouTube Polka Wars.

Putaran promosi dari album Axis Mundi akan dilanjutkan dengan konser perilisan album dengan kuota terbatas yang akan berlangsung pada tanggal 22 Agustus 2015. Panggung Polka Wars yang kabarnya akan memainkan lagu-lagu dari Axis Mundi beserta lagu-lagu yang direkam di New York dalam rangka Converse Rubber Tracks akan bertempat di auditorium Institut Français Indonesia, Jakarta. Pemesanan tiket dengan jumlah kursi terbatas ini dapat dibeli secara online via axismundiconcert@gmail.com

Axis Mundi Tracklist (Regular CD Version):
1. Mokéle
2. Alfonso
3. Top Gear (Moths & Flies)
4. This Providence
5. Horse’s Hooves
6. Lovers
7. Tall Stories
8. Piano Song
9. Coraline (SoundCloud version)

BIOGRAFI

Selama 3 tahun terakhir, Polka Wars menjalani proses kreatif secara mandiri. Para personilnya pun tumbuh dewasa bersama, baik dalam konteks personal maupun bermusik. Tak jarang, akibat proses-proses yang tumpang tindih tersebut, muncul konflik di dalam tubuh kuartet indie rock muda terhangat milik Indonesia ini.

Namun dengan etos kerja yang gigih, Polka Wars berhasil membayar lunas seluruh jerih payah dengan sederet prestasi; respon publik yang luar biasa positif terhadap single Mokéle, 100 keping boxset limited edition sold-out dalam 150 menit dan tentu saja, rekaman di New York, AS. Seluruhnya diraih dalam tempo sangat singkat di medio Mei – Juni 2015.

Merupakan sebuah pengalaman unik untuk duduk dan berbincang bersama keempat pemuda yang diganjar predikat Young Guns 2015 oleh Rolling Stone Indonesia ini. Terbuka untuk membicarakan masalah sepele hingga spiritualitas level tinggi yang merupakan rumus musik Polka Wars; yang tak sungkan mereka akui sebagai musik dakwah dalam kemasan yang modern.​whiteboardjournal, logo