“Virgil was Here”

22.09.17

“Virgil was Here”

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adinugroho
Foto: Sound in the Signals

Satu kata yang bisa menjelaskan seorang Virgil Abloh adalah “inovatif,” dengan pengertian yang sederhana. Visinya tentang budaya fashion industrial dan DIY telah menarik perhatian banyak nama-nama besar, dari Kanye West hingga perusahaan perabotan IKEA, serta menghasilkan salah satu merk streetwear paling disorot saat ini yaitu Off-White. Kali ini mungkin Abloh baru saja mewujudkan mimpi berjuta-juta sneakerhead dengan berkolaborasi bersama perusahaan sepatu terbesar di dunia, Nike, untuk mendesain ulang 10 model klasik mereka sesuai dengan estetika industrial sang desainer.

Sepuluh model yang di desain ulang adalah Air Jordan I, Nike Air Max 90, Nike Air Presto, Nike Air VaporMax, Nike Blazer Mid, Converse Chuck Taylor, Nike Zoom Fly SP, Nike Air Force 1 Low, Nike React Hyperdunk 2017 dan Nike Air Max 97. Sepuluh model sepatu ini menurut Abloh adalah sebuah mahakarya yang lebih dari hanya sekadar sneakers, namun melampaui batasan-batasan performa dan gaya, juga menjadi perubah budaya.

Virgil Abloh mendesain kembali sepatu-sepatu ini dengan gaya DIY yang atraktif, dari menjahit ulang lambang swoosh Nike hingga menambahkan pernak-pernik seperti tali pengikat dan lakban. Selain itu di beberapa bagian sepatu diberi tulisan nama teknologi tersebut dengan gaya penulisan pemberitan tanda petik yang sudah khas di dalam produk-produk Off-White seperti “SHOELACES” pada tali sepatu, “AIR” pada sepatu yang mempunyai teknologi Nike Air, dan juga “VULCANIZED” pada sepatu Chuck Taylor. Interpretasi Abloh pada model-model ini memang memberikan rasa otentisitas, di mana desain yang sangat berantakan dan bisa dibilang aneh ini memberikan nilai estetika tersendiri.

Nike dan Abloh mendirikan acara “Nike Off Campus” di London bagian timur pada tanggal 14 hingga 17 September kemarin untuk merayakan perilisan sepuluh model kolaborasi mereka, menampilkan koleksi keseluruhan serta beberapa karya seni yang dibuat untuk mempresentasikan model-model tersebut. Beberapa dari karya seni yang cukup menarik adalah Air Jordan 1 yang digantung pada kaki Micheal Jordan yang kasat mata dan juga Convere Chuck Taylor yang diletakkan di atas gunung kumpulan foto beberapa orang yang memakai Chuck Taylor.

Koleksi lengkapnya bisa mulai dipesan di seluruh dunia pada bulan November.whiteboardjournal, logo