Film Musik Makan 2017 Akan Segera Datang!

16.02.17

Film Musik Makan 2017 Akan Segera Datang!

by Muhammad Hilmi

 

Sejak diinisiasi empat tahun yang lalu, selalu tercipta kenangan tersendiri dari setiap gelaran Film Musik Makan. Selain mempertemukan dua bidang kreatif Film dan Musik yang selama ini terasa seperti berjalan terpisah, Film Musik Makan terutamanya penting karena tradisinya yang menawan. Hampir setiap tahun, film yang diputar di festival ini kemudian meraih pujian di ajang internasional, dari “The Fox Exploits The Tiger Must” yang meraih pujian di Cannes, “Prenjak” yang juga meraih pencapaian di ajang yang sama, hingga “Siti” yang meraih banyak penghargaan di luar dan piala citra untuk film terbaik tahun 2015.

Dengan sejarah yang demikian, ada ekspektasi yang cukup tinggi pada gelaran keempat Film, Musik Makan 2017. Diadakan di tempat yang sama Goethe Institut Jakarta, awal Maret mendatang, Film Musik Makan tahun ini memiliki segalanya untuk menjawab tingginya ekspektasi ini. Pada press conference yang diadakan pada hari Kamis, 16 Februari 2017 di Kinosaurus, Kemang, tim penyelenggara memperkenalkan konsep yang mereka angkat tahun ini, sekaligus memberi cuplikan dari salah satu film yang akan ditayangkan perdana di Jakarta saat acara nantinya. Salah satunya yang diputar pagi itu adalah film panjang berjudul “Turah”, karya sutradara Wicaksono Wisnu Legowo. Film ini bercerita mengenai dilema kehidupan sosial sebuah kampung di Tegal, Jawa Tengah. Skrip yang real, dengan akting yang sangat kuat oleh casting yang terdiri dari para pemain teater, “Turah” mengingatkan pada kualitas “Siti” yang monumental itu.

Selain “Turah” akan diputar pula dua film panjang, salah satunya “Apprentice” karya sutradara Singapura, Boo Junfeng yang telah meraih “Official Selection Un Certain Regard” dari Cannes Film Festival 2016. Dan juga “Ziarah” karya BW Purbanegara yang telah memenangi Best Asian Feature daru Salamindanaw Asian Film Festival 2016.

Jika tahun 2016, Film Musik Makan mengundang White Shoes and The Couples Company, maka tahun ini musisi tamu yang akan bermain adalah Pandai Besi. Yang membuat penampilan Pandai Besi di acara ini semakin spesial adalah bahwa Poppie Airil dan kawan-kawan akan merilis satu single baru yang dibaut dari komposisi original Pandai Besi.

Dari sisi makanan, aktor sekaligus sutradara Lola Amaria yang biasa meracik makanan di Nasi Pedes Cipete akan bergabung dengan sinematografer Batara Goempar dan Aline Jusria yang berperan sebagai penyedia pangan di acara ini dengan resep tradisi yang tentunya menjadi salah satu alasan untuk menikmati festival ini. Pada hari Sabtu, 4 Maret 2017 Film Musik Makan akan dimulai dengan screening film jam 12:00 dan diakhiri dengan pentas Pandai Besi. Film Musik Makan bisa dinikmati dengan nilai donasi sebesar 200.000 (tidak termasuk makanan).

Info selengkapnya dan reservasi:
Email: filmmusikmakan@gmail.com
Telepon/Whatsapp: 085693346659whiteboardjournal, logo