in suspense

15.09.17

in suspense

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adinugroho
Foto: ROH Projects

Dalam literatur, “suspense” adalah sebuah genre dan juga sebuah keadaan berpikir yang diberikan kepada pembaca. Cara terbaik membuat keadaan berpikir ini adalah dengan menahan informasi penting di dalam cerita atau menggunakan sudut pandang objektif dalam cerita. Ini adalah sebuah genre yang jika seorang pembaca membuat komitmen untuk mengikuti, maka akan menghasilkan pengalaman bercerita yang spesial. Sebuah novel suspense membutuhkan sosok kreator yang handal serta pembaca yang loyal agar waktu dan pengalaman yang dialami menjadi berharga.

Dengan pengertian tersebut, lahirlah sebuah konsep eksebisi seni yang bernama “in suspense.” Karya seni yang dibuat membutuhkan kurun waktu yang tidak pasti, dan juga membutuhkan audiens agar dianggap selesai. Karya-karya tidak ditujukan untuk audiens, melainkan dibuat bersamanya. Salah satu tujuan dari pameran ini adalah untuk membangun pondasi dalam praktik artistik yang membutuhkan campur tangan orang lain untuk diselesaikan.

“in suspense” adalah salah satu pameran persembahan dari ROH Projects yang akan diadakan pada tanggal 17 September hingga 20 Oktober di Equity Towers. Pameran ini dikurasikan oleh Grace Samboh, dan akan menampilkan karya dari Agus Suwage, Fajar Abadi, FX Harsono, Julian Abraham “Togar”, Syagini Ratna Wulan dan Bandu Darmawan.

ROH Projects mempunyai visi menjadi galeri yang memimpin perkembangan seni kontemporer di Indonesia dan sebagian besar Asia Pasifik. Dengan maraknya seniman kontemporer yang sedang naik, galeri yang didirikan pada tahun 2012 ini ingin menjadi wadah bagi mereka yang membutuhkan.

in suspense
17 September – 20 October 2017

Agus Suwage, Fajar Abadi, FX Harsono, Julian Abraham “Togar”, Syagini Ratna Wulan and Bandu Darmawan

ROH Projects
Equity Tower
Lantai 40, Suite E
Jl. Jenderal Sudirman Kav 52-53
Jakartawhiteboardjournal, logo