Pandemi Berlalu, Art Basel Hong Kong Membuka Kembali Pameran Mereka dengan Pedoman Khusus Bagi Influencer

29.05.22

Pandemi Berlalu, Art Basel Hong Kong Membuka Kembali Pameran Mereka dengan Pedoman Khusus Bagi Influencer

Memulai pameran perdana setelah pandemi Covid-19, Art Basel Hong Kong membuat aturan khusus bagi para jurnalis dan influencer yang akan meliput pameran mereka.

by Whiteboard Journal

 


Teks: Yusril Mukav

Foto: Prestigeonline.com 

Setelah jatuh bangun diterpa pandemi Covid-19, Art Basel Hong Kong akhirnya dibuka kembali, dengan konsep yang berbeda dengan aturan untuk para pengunjung, khususnya bagi para jurnalis dan influencer.

Galerie Thaddaeus Ropac (Foto: © ArtBasel via hongkongcheapo.com)

Pedoman atau aturan tersebut memuat tentang bagaimana seorang influencer dan jurnalis dapat membuat berita mengenai pameran ini dengan melihat bagaimana interaksi dan track record mereka pada setahun terakhir.

Menurut mereka, walaupun sang influencer atau jurnalis mendapatkan followers hingga 100.000 di sosial media mereka, tidak menjadikan mereka memahami apa yang mereka liput dan bersikap profesional.

47 Canal from New York at Art Basel in Hong Kong (Foto: via prestigeonline.com)

Dengan adanya aturan ini, Art Basel Hong Kong mengklaim jika ini berlaku adil bagi para pengunjung atau influencer yang akan membuat liputan secara langsung.

Aturan bagi para jurnalis dan influencer dimulai dari apa saja yang diliput dalam media mereka mengenai Art Basel Hong Kong harus menandai akun @artbasel dalam liputan tersebut, dan juga tagar yang berbahasa Mandarin dan bahasa Inggris.

Selain itu pihak Art Basel Hong Kong juga melarang tayangan streaming secara langsung tanpa izin atau sepengetahuan dari pihaknya, dan juga secara umum harus memperhatikan ruang privasi bagi pengunjung yang sedang menikmati karya yang dipamerkan.

Art Basel Hong Kong akan dihelat pada tanggal 27-29 Mei 2022.whiteboardjournal, logo

David Shrigley at Art Basel Hong Kong (Foto: JennyLeung via timeout.com)” credit=”