Byredo dan RTFTK Imajinasikan Konsep Aura Digital dalam Kolaborasi Parfum Metaverse

Fashion
19.06.22

Byredo dan RTFTK Imajinasikan Konsep Aura Digital dalam Kolaborasi Parfum Metaverse

Merk parfum Byredo akan luncurkan koleksi parfum metaverse hasil kerjasama dengan studio NFT milik Nike, RTFTK, menggunakan fitur warna-warna aura di dunia digital

by Whiteboard Journal

 

Teks: Inaya Pananto
Foto: Byredo

Brand parfum luxury Byredo akan luncurkan hasil kerjasama dengan studio NFT miliki Nike, RTFTK Studios yaitu parfum untuk metaverse. Mengingat metaverse dan NFT berbasis sepenuhnya digital virtual, konsep aroma menjadi tanda tanya besar akan bagaimana produk ini memegang manfaatnya. Parfum digital ini diberi nama “Alphameta” dan akan muncul di blockchain.

Kolaborasi ini terinspirasi dari konsep ramuan obat magis di video game, memungkinkan pengguna untuk melengkapi RTFTK Clone x avatar mereka dengan efek munculnya aroma visual dari parfum yang mereka kenakan. Parfum ini akan muncul sebagai semacam “aura” digital dan direpresentasikan langsung oleh gabungan ragam warna tergantung dari kombinasi bahan-bahannya. Menggunakan dasar warna-warna aura dan gradasi lembut untuk efek visual.

Tedapat total 26 bahan dasar parfum yang dapat digunakan untuk mengkreasikan jenis-jenis aroma baru sesuai dengan kreativitas dan eksperimen pengguna. Setiap jenis aroma dapat digunakan sebagai simbolisasi dari ragam emosi atau kualitas karakter seperti profesionalitas, harmoni, naif, hingga bijak.

Dari sini, pengguna didukung untuk menjadi seniman parfum personal untuk menciptakan wangi atau “aura” tersendiri dari avatar metaverse mereka. Pengguna dapat menciptakan hingga 2.000 wangi custom menggunakan bahan dasar emosi digital NFT ini. Hasil yang kemudian akan diformulasikan menjadi sebotol parfum sungguhan yang dapat digunakan oleh pemiliknya di dunia nyata. Sebuah wangi parfum personal yang diracik sendiri melalui image virtual karakter metaverse mereka.

Setiap botol khusus ini akan dilengkapi dengan nomor yang terkoneksi langsung dengan tag NFC (NFT-connecter near-field communication) yang secara otomatis menandakan bahwa parfum ini adalah sebuah benda kolektibel digital. Kemasan parfum Byredo di dunia nyata hadir dengan desain yang minimalis, namun versi metaverse dari parfum ini akan hadir dalam kemasan eksklusif Alphameta.

Jika Nike dengan perusahaan subsidiary-nya RTFTK adalah pemain lama di bidang NFT dan telah merilis koleksi sepatu-sepatu sneakers digital, Byredo adalah pendatang baru di dunia ini. Fashion dalam dunia digital bukan lagi hal yang asing, namun konsep wangi dan fragrance adalah sebuah tantangan baru untuk hadir di dunia virtual metaverse. Sebelumnya, brand skincare Clinique telah merilis sejumlah produk perawatan kulit di metaverse yang dapat menciptakan kesan “glowing” pada karakter avatar yang menggunakannya. 

Sejauh ini Byredo dan RTFTK belum mengumumkan tanggal resmi untuk perilisan parfum kolaborasi Alphameta. Masih bergantung pada janji kata soon yang dipasang oleh RTFTK.whiteboardjournal, logo