“2020 Best Global Brands Report” Perlihatkan Dominasi Industri Teknologi Pada Tahun Ini

Media
26.10.20

“2020 Best Global Brands Report” Perlihatkan Dominasi Industri Teknologi Pada Tahun Ini

Laporan ini juga menyoroti beberapa perusahaan dari berbagai sektor yang terdampak pandemi Covid-19.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Sabilla Salsabilla
Foto: Apple

Perusahaan konsultan marketing asal Amerika Serikat Interbrand baru saja menerbitkan “2020 Best Global Brands Report” versinya dengan memperlihatkan secara gamblang dominasi yang ada dalam industri teknologi. Tidak hanya itu, laporan ini juga meng-highlight beberapa perusahaan di berbagai sektor yang terdampak dari hadirnya pandemi Covid-19 di tahun ini.

Pada peringkat 10 teratas saja, sebanyak lima perusahaan teknologi besar menempati posisi utama hingga kelima secara berturut-turut. Tahun ini, Apple tetap menduduki tempat teratas, diikuti dengan Amazon serta Microsoft yang mengambil alih Google untuk menempati posisi ketiga. Momen ini menjadi hal yang baru, karena tahun ini menjadi kali pertama Google keluar dari posisi tiga besar sejak 2012. Peringkat kelima dilanjut dengan Samsung yang menjadi perusahaan asal Korea Selatan pertama yang berhasil mencapai tonggak sejarah. Selain itu, perusahaan seperti Coca-Cola, Toyota, Mercedes Benz, McDonald’s, dan Disney juga menempati 10 besar di mana seluruhnya telah menyumbang sekitar 50% dari total table value yang ada di dalam laporan tahun ini.

Terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, laporan ini juga memperlihatkan ekosistem yang sangat merugikan bagi para fashion retailer. Adapun lini fashion seperti Zara, H&M, dan beberapa lini eksklusif lainnya tidak berhasil untuk masuk ke dalam daftar. Namun, di sisi lainnya, perusahaan dengan bidang logistik hingga electronic payment mengalami pertumbuhan, seperti FedEx, DHL, PayPal, Visa, dan Mastercard yang terus meningkat.

Tidak hanya itu, perusahaan pendatang baru lain termasuk Tesla kembali masuk ke daftar dengan menempati urutan ke-40 setelah sebelumnya telah masuk juga di tahun 2017. Media sosial Instagram, YouTube, hingga Zoom juga menjadi perusahaan baru yang masuk ke dalam daftar 100 teratas pada pertama kalinya dengan masing-masing berada di urutan ke-19, ke-30, dan ke-100.whiteboardjournal, logo