“Iridescence”, Suguhan Pertama dari Album Trilogi BROCKHAMPTON

Music
27.09.18

“Iridescence”, Suguhan Pertama dari Album Trilogi BROCKHAMPTON

Di album ini, BROCKHAMPTON memberikan nuansa yang jauh lebih eksperimental dengan sound yang lebih abrasif.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Wienda Putri Novianty

Foto: RCA Records

“Iridescence”, album keempat dari BROCKHAMPTON menjadi suguhan pembukaan dari trilogi album “The Best Years of Our Lives”. Di album ini, BROCKHAMPTON memberikan nuansa yang jauh lebih eksperimental dengan sound yang lebih abrasif. Walaupun sedang bergulat dengan transisi barunya, “Iridescence” tetap menghadirkan perjalanan yang berani dan menegangkan. Berikut adalah alasan yang membuat album ini patut untuk didengar berulang kali serta dikoleksi.

Cover album unik

Kata iridescence didefinisikan sebagai gradasi lapisan warna pelangi yang dihasilkan oleh pembiasan gelombang cahaya yang berbeda. BROCKHAMPTON pun menginterpretasikan definisi ini lewat visualisasi thermal aesthetic yang dihadirkan pada cover album. Atas hal tersebut pula, album “Iridescence” menghadirkan pengalaman visual yang dikemas lewat trek-treknya dengan warna musik yang berlapis dan high-energy.

Nuansa lagu yang jauh lebih eksperimental dan progresif

Album ini dirasa lebih menonjolkan aspek yang jauh lebih eksploratif dengan menghadirkan materi-materi baru. Contohnya bisa didengar di salah satu trek pembuka “NEW ORLEANS” dengan synth yang diperkaya dengan lirik oleh Kevin Abstract yang minim. Nuansa romance yang kental secara padat memenuhi euforia trek “SOMETHING ABOUT HIM”. Trek “HONEY” dengan suara computer-gut-traversing dan downcast pitching yang mendominasi, an trek “DISTRICT” yang menghadirkan evolusi dari BROCKHAMPTON lewat porsi menyanyi yang sama ditemani suara glitche 8bits-ish di belakang.

Lirik dinamis

BROCKHAMPTON mengundang para pendengarnya untuk menyelami dunia baru mereka yang chaotic. “Iridescence” dirasa menghadirkan kebangkitan nilai kreatif yang dikemas dengan musik yang eksploratif dan segi lirik yang melengkapi. Terefleksi dari lirik di trek “HONEY”, dimana BROCKHAMPTON menghadirkan lirik yang interaktif. “Whatchu want, whatchu want, emotion? / Yes”.

Topik sederhana

Album ini mencoba mengangkat tema tentang bagaimana konsep ketenaran tidak akan membebaskan siapapun. Dibuka lewat trek pembuka berjudul “NEW ORLEANS” dengan isinya mengenai kegelisahan yang kuat. Trek “WEIGHT”, “DISTRICT” dan “TAPE” yang  menceritakan tentang perjuangan BROCKHAMPTON membuktikan kualitas mereka di skena musik hip-hop. Adapun, McLennon juga menyisipkan ceritanya dalam mengatasi keraguan dan stress lewat trek “TAPE”.whiteboardjournal, logo