“Liboso”, Sebuah Soundtrack Bebunyian Kongo oleh KOKOKO!

Music
11.12.18

“Liboso”, Sebuah Soundtrack Bebunyian Kongo oleh KOKOKO!

Menyoroti lanskap kebudayaan Kinshasa.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Wienda Putri Novianty
Foto: KOKOKO!

KOKOKO!, sebuah kolektif grup musik asal Republik Demokratik Kongo kembali menyoroti lanskap kebudayaan Kinshasa melalui eksperimentasi bebunyian di album “Liboso”. Kerap melabeli grupnya dengan genre electro-junk, nyatanya, unit ini justru dikenal dengan perpaduan dan komposisi musiknya yang presisi, melahirkan formasi musik apik dengan sentuhan elektronik dan psychedelic. “Liboso” pun menjadi pembuktiannya.

Dibuka dengan trek “Blvd Lumumba”, trek ini tampil sebagai perkenalan kepada siapapun yang siap diajak menjelajahi lanskap Kinshasa – tempat kelahiran KOKOKO! Diawali dengan  ketukan beat konstan, berlapis dengan pukulan perkusi serta dentingan alat musik logam, trek ini berkelanjutan dengan sentuhan synthesizer halus sehingga menciptakan fusi bebunyian. Nuansa psychedelic kental lahir dari petikan suara sitar bersahutan dengan dentingan yang membuat trek ini tampil sebagai permulaan yang tak tergesa-gesa.

Trek kedua, “Azo Toke”, dengan gamblangnya meningkatkan nuansa santai menjadi funky, cepat serta dipenuhi sentuhan distorsi dan pukulan perkusi repetitif. Beat yang diikuti suara vokal laki-laki dan perempuan meneriakkan “Azo Toke” dan “KOKOKO!” dipadankan dengan iringan tempo ramai seolah mengajak siapapun yang mendengarkannya ikut menganggukan kepala. Frekuensi trek “Azo Toke” secara keseluruhan menjadi salah satu trek dengan aksentuasi modern yang cukup menonjol.

“Affaire A Mbongo” menggenapi trek-trek sebelumnya sebagai trek ‘penetralisir’. Petikan funky dari bassline melantun bersamaan dengan perkusi, berpadu menjadi ritme yang cukup ricuh, namun tak berlebih. Trek “Longola Ye Kupe” pun pas menjadi penghujung perjalanan dunia bebunyian Kongo bersama KOKOKO! dengan iringan sitar yang rich.

Menikmati 5 trek album “Liboso” secara keseluruhan, KOKOKO! membuktikan bahwa Kongo memiliki banyak potensi yang patut mendapat sorotan lebih atas sajian musiknya. Lewat peleburan unsur modern dan tradisional membentuk fusi psychedelic menjadi pembuktian KOKOKO! sebagai unit unik di dunia musik underground.whiteboardjournal, logo

Tags