Melihat Respon Banksy Pada Perayaan Pesta Akhir Tahun

Art
22.12.18

Melihat Respon Banksy Pada Perayaan Pesta Akhir Tahun

Mural natal bersifat gelap yang sama sekali tidak membawa keriangan.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Mayra Tahir

Foto: Banksy

Kembali beraksi untuk menutup akhir tahun, karya Banksy telah muncul di sebuah dinding garasi parkir di Wales. Karya yang berbentuk mural ini merupakan karya natal satiris. Dari satu sisi tembok, seorang anak kecil digambarkan sedang bermain salju sambil menjulurkan lidahnya untuk menangkap kepingan salju. Namun tembok sebelahnya melengkapi mural dengan menunjukkan bahwa kepingan tersebut bukanlah salju, tapi butiran debu yang berasal dari bakaran sampah.

Mural ini telah dikonfirmasi oleh Banksy sendiri dengan postingan video di akun Instagramnya. Video tersebut memberikan konteks lebih besar untuk mural yang menyedihkan itu. Diiringi oleh lagu natal anak-anak “Christmas Snowflake”, video menyorot mural dengan dekat. Kemudian pandangan kamera menjauh dan menunjukkan cerobong asap pabrik-pabrik yang menghantui atap-atap rumah di Port Talbot.

Kota Port Talbot memang sudah dikenal untuk mempunyai tingkat polusi yang sangat tinggi. Sebab, di kota itulah tempat menetapnya pabrik produksi baja yang dimiliki oleh Tata Steel. Bahkan, World Health Organization (WHO) sempat menobatkan Port Talbot sebagai kota paling berpolusi pada bulan Mei kemarin. Penempatan mural yang menarik adalah upaya Banksy untuk mengomentari soal polusi, suatu masalah besar yang dihadapi di seluruh dunia.  

Karya-karya Banksy adalah hal yang selalu menangkap perhatian, baik dari pecinta seni maupun tidak. Kira-kira, ulah apa lagi yang akan seniman anonim ini lakukan di tahun baru?whiteboardjournal, logo