Who, What, Why: Andrie Sasono

East Kemang Radio
21.08.19

Who, What, Why: Andrie Sasono

Salah satu penulis buku Whiteboard Journal Open Column yang mengeksplorasi seni menulis dari skenario film hingga cerita pendek.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Kevina Graciela 

WHO

Andrie Sasono merupakan seorang penulis yang sekarang bekerja sebagai copywriter di salah satu kantor agency di Jakarta. Lulus dari Institut Kesenian Jakarta tepatnya fakultas film dan televisi, membawanya ke banyak ranah kreatif baik dalam menulis, film atau bidang seni lainnya. Andrie banyak menulis artikel di media online,  kontribusi sebagai crew di beberapa film pendek dan pernah menjadi kurator di ARKIPEL 2014 sebuah festival film dokumenter & eksperimental.

WHAT 

Menulis menjadi salah satu seni yang ia selami, karena bentuk dari ‘menulis’ itu sendiri bisa sangat luas. Berada di ranah seni perfilman, Andrie sering menjadi penulis skenario film pendek. Salah satunya berjudul “Kembang Api” (2014), film ini bercerita tentang pria yang ingin datang ke hari ulang tahun gadis impiannya. Menulis didapati Andrie sebagai tempat pembuka wawasan dan koneksi baru yang membuat hidup lebih menarik. Dalam menjalani kehidupannya di dunia tulis menulis ia mendapati bahwa menulis memberikan pikirannya semakin jernih.

WHY 

Satu yang ia lakukan ketika mencari inspirasi, hal yang paling menarik menurutnya adalah dengan membenturkan diri dengan sesuatu yang berseberangan dengan perspektif dan selera dari Andrie. Dalam salah satu tulisannya yang mengangkat bioskop “Grand Theater Senen” pada website akumassa.org, ia meliput bioskop senen yang sudah sangat jadul dan menawarkan penalaran yang segar dalam tulisannya untuk pembaca. Keberanian dalam mengolah kebebasan berpikir membawa Adrie mengeksplorasi setiap tulisan yang ia tulis. Pada tulisannya yang berjudul “Nafas” di Open Column Whiteboard Journal, Andrie memberikan sebuah perspektif dirinya penuh atas pengalaman dan apa yang ada di kehidupannya mengenai toleransi.

Ini adalah salah satu kontributor dalam isi buku Whiteboard Journal Open Column, dikurasi oleh Cholil Mahmud, Cecil Mariani dan Irwan Ahmett buku ini berisi 20 tulisan yang membahas gagasan serta pertanyaan dalam bahasan tentang kesetaraan dan keragaman. Baca tulisan selengkapnya di buku Whiteboard Journal Open Column.whiteboardjournal, logo