Places to Go: Bihun Bebek 75

Culinary
24.08.19

Places to Go: Bihun Bebek 75

Merasakan khasiat semangkuk bihun bebek herbal legendaris di daerah Pluit.

by Emma Primastiwi

 

Foto: Moses Sihombing 

WHERE

Mencari kedai yang menjual semangkuk bihun bebek di daerah Jakarta Selatan sangatlah sulit. Jika ditanya, kebanyakan orang asli Selatan pun masih belum mengenali hidangan khas Medan ini. Sebaliknya, main sebentar ke daerah Pluit dan kedai bihun bebek pun dapat ditemukan di mana saja. Turut meramaikan aneka kedai dan jajanan yang tersebar di daerah Jl. Pluit Sakti Raya, terdapat satu kedai bihun bebek legendaris, Bihun Bebek 75. Dari awal berdirinya di tahun 1975, kedai ini cepat menjadi salah satu bihun bebek terlezat di kawasan Jakarta Utara. 

WHY

Variasi hidangan bakmi bebek hadir dalam banyak bentuk – dari bihun kari, bebek manis, pedas dan masih banyak lagi. Tetapi, satu hal yang membedakan Bihun Bebek 75 dari resep kedai lainnya adalah kuah herbalnya. Uniknya, kuah bihun ini menggunakan beberapa bahan yang biasa digunakan dalam obat-obatan Tionghoa. Ramuan kuah ini terdiri dari goji berry kering, tong sim dan kam cho yang berkhasiat bagi vitalitas tubuh. Walau tidak langsung menyembuhkan penyakit, racikan tersebut menghasilkan kuah lezat gurih dan healing, yang dapat membantu menjaga kesehatan. 

WHAT

Mungkin banyak yang segan mencoba kedai ini karena khawatir dengan aroma bebek yang amis. Tetapi jangan khawatir, bebek di kedai ini direbus terlebih dahulu selama minimum 3 jam. Buktinya, semua yang berkunjung ke kedai ini pasti selalu mengincar menu Bihun Bebek andalannya. Berkat cara memasak tersebut pun, kita disajikan semangkuk bihun dengan irisan-irisan bebek empuk, didampingi oleh taburan bawang putih goreng dan daun ketumbar. Ingin mencoba menu lain? Tidak masalah. Enaknya, kedai ini terletak di lokasi strategis sehingga dikelilingi oleh aneka ragam stall jajanan seperti Cakwe, Kue Bantal, Mie Ayam dan juga Sate Padang

Bihun Bebek 75 

Jl. Pluit Sakti Raya No.49
Pluit, Jakarta Utarawhiteboardjournal, logo