Samsung Perkenalkan “Ballie”, Robot Bola Berteknologi AI Pembantu Kegiatan Rumah

Design
21.01.20

Samsung Perkenalkan “Ballie”, Robot Bola Berteknologi AI Pembantu Kegiatan Rumah

Diluncurkan pada CES 2020, “Ballie” dilengkapi mobile interface, voice activation, dan kamera.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Avicena Farkhan Dharma
Foto: Dezeen

Samsung memperkenalkan visi mereka perihal robot sebagai “teman hidup” dengan meluncurkan sebuah perangkat Artificial Intelligence (AI) berbentuk bola yang bergulir di rumah. Diluncurkan pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, robot kecil berwarna kuning ini dinamakan “Ballie”, dirancang sebagai asisten pribadi yang merespon perintah seperti seekor anjing peliharaan.

Perangkat ini menggunakan mobile interface, kemampuan on-device artificial intelligence, aktivasi suara, dan kamera built-in untuk mengenali dan merespons penggunanya, serta membantu mereka dengan berbagai tugas rumah tangga. “Ballie” menanggapi perintah layaknya seekor hewan peliharaan, namun dapat pula digunakan untuk alarm bangun, merekam momen, dan mengelola perangkat pintar lain seperti TV dan vacuum cleaner

Seperti yang dijelaskan oleh CEO Samsung Hyun Suk Kim dalam keynote speech di CES 2020, konsumen saat ini telah memasuki “age of experience”, sebuah zaman di mana perangkat keras dan lunak bergabung untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk membuat hidup lebih mudah dan menyenangkan. Menanggapi hal tersebut, “Ballie” adalah respon Samsung terhadap permintaan publik akan inovasi yang lebih berpusat pada manusia. Sebuah inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan konsumen dengan memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kualitas hidup.

Ketahui lebih lanjut soal “Ballie” melalui video keluaran Samsung di bawah ini.whiteboardjournal, logo