Damien Hirst dan Snapchat Luncurkan Filter AR “Spin Paintings”

Art
06.05.20

Damien Hirst dan Snapchat Luncurkan Filter AR “Spin Paintings”

Dengan filter terbaru tersebut kini masyarakat dapat menciptakan karya “Spin Painting” mereka sendiri selama di rumah.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Snapchat

Snapchat telah bekerja sama dengan seniman asal Inggris, Damien Hirst, dalam menggarap sebuah filter baru yang menerapkan teknologi AR, atau Augmented Reality. Berdasarkan karya Hirst berupa seri lukisan “Spin Paintings”, filter ini memberikan kesempatan bagi para pengguna aplikasi tersebut untuk menciptakan ulang karya “Spin Painting” mereka sendiri di rumah sekaligus memberi dukungan kepada organisasi Partners in Health.

Penggarapan filter ini pun merupakan bentuk bantuan kepada organisasi berskala internasional yang bergerak di bidang kesehatan tersebut. Terlebih lagi, bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban penanganan bagi komunitas-komunitas yang rentan terpapar maupun yang sedang terkena dampak COVID-19. Adapun aspek interaktif dari seri lukisan tersebut bukanlah hal yang baru, pada tahun 1992 Damien Hirst juga menerapkan elemen interaktif dalam eksibisi pertama dari “Spin Paintings”. Hal tersebut ia lakukan dengan mengundang para pengunjung untuk turut bereksperimen dan ciptakan karya “Spin Paintings” mereka sendiri.

Atas semangat untuk tetap menjalankan proyek karya interaktif di tengah pandemi, kini Hirst pun mengundang para penggemar karyanya dan para penggemar seni untuk bermain dengan filter “Spin Paintings”. Filter dari Damien Hirst kini sudah dapat digunakan di aplikasi Snapchat.

Sebelumnya, simak demonstrasi penggunaan aplikasi tersebut melalui tautan di bawah ini.whiteboardjournal, logo