Bersama ScHoolboy Q, Gorillaz Rayakan Permainan Arcade Populer dengan Trek Bertajuk “PAC-MAN”

Music
21.07.20

Bersama ScHoolboy Q, Gorillaz Rayakan Permainan Arcade Populer dengan Trek Bertajuk “PAC-MAN”

Tak hanya bentuk perayaan ulang tahun permainan Pac-Man yang ke-40, Gorillaz dan ScHoolboy Q menggunakan gaming sebagai tema besar dalam lagu terbaru ini.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Gorillaz

Setelah merilis rangkaian projek bertajuk “Song Machine: Season One” yang meliputi kolaborasi bersama berbagai musisi dan seniman pada tiap episode, kini Gorillaz telah merilis trek baru untuk episode ke-5 bertajuk “PAC-MAN”. Berkolaborasi dengan rapper ScHoolboy Q, trek terbaru dari Gorillaz ini merayakan permainan arcade retro ikonis yang merayakan ulang tahun ke-40 tahun 2020 ini.

Juga disertai oleh sebuah video yang menampilkan animasi khas dari Jamie Hewlett, Gorillaz pun sajikan visual-visual yang khas dari kultur arcade Pac-Man yang populer di tahun 1980-an. Dalam video klip ini, karakter bernama 2D pun terlihat sedang asyik memainkan game Pac-Man dengan sebuah arcade cabinet, hanya saja, figur ‘hantu’ dalam permainan tersebut sesekali terlihat menyerupai para anggota virtual Gorillaz, seperti Noodle, Russel, dan Murdoc. Tak hanya itu, rangkaian cahaya berwarna neon pun terlihat mengilustrasikan bentuk-bentuk visual dari permainan tersebut.

Melalui lagu ini, 2D dan ScHoolboy Q pun menggunakan dunia gaming menjadi sebuah perumpamaan dalam perjalanan seseorang dalam hidupnya melalui bait-bait lirik seperti “I’m a mad Pac-Man, livin’ in a leveled world / Everywhere I go I don’t know where I am” yang dibawah oleh 2D ataupun “I shattered my thoughts to get out my shell / Uh, why would I hold my tongue to tuck in my tails?”. Dalam lagu ini, Gorillaz dan ScHoolboy Q mengangkat tidak menentunya keadaan dan pentingnya untuk terus berkembang atau ‘level up’ sebagai sebuah benang merah antara gaming dan kehidupan nyata. 

Tak hanya Pac-Man, Gorillaz sendiri tahun ini juga sedang merayakan ulang tahun mereka yang ke-20 melalui perilisan sebuah buku bertajuk “The Gorillaz ALMANAC” yang merekam perkembangan karir mereka sekaligus karya-karya dari Jamie Hewlett. Gorillaz kabarnya juga akan merilis episode baru pada September 2020 mendatang, sembari menunggu, nikmati video klip “PAC-MAN” melalui tautan di bawah ini.whiteboardjournal, logo