Black Lives Matter Mendapat Satu Nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2021

Human Interest
01.02.21

Black Lives Matter Mendapat Satu Nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2021

Nobel Perdamaian 2021 akan dipilih di bulan Oktober dan acara penghargaannya digelar pada Desember mendatang.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Hypebeast / Anadolu Agency / Getty Images

Kematian George Floyd atas tindakan yang dilakukan oleh anggota polisi Minneapolis bernama Derek Chauvin pada 2020 silam mampu membuat sebuah gerakan demonstrasi menentang kebrutalan polisi atau segala perlakuan yang dilatari oleh unsur rasisme, gerakan tersebut berhasil menyebar ke seluruh dunia melalui bantuan media sosial. Black Lives Matter (BLM) kini dimasukkan ke dalam daftar nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2021, hal tersebut dilakukan berdasarkan usulan dari salah satu anggota parlemen Norwegia, Petter Eide.

Dilansir melalui the Guardian, Eddie mengatakan, “They have had a tremendous achievement in raising global awareness and consciousness about racial injustice. I find that one of the key challenges we have seen in America, but also in Europe and Asia, is the kind of increasing conflict based on inequality. Black Lives Matter has become a very important worldwide movement to fight racial injustice.

Menurut Eddie, BLM telah berhasil memobilisasi partisipannya dari semua kelompok, tidak hanya orang dengan latar Afrika-Amerika saja, atau orang-orang tertindas, melainkan menjadi sebuah gerakan yang luas dengan cara berbeda dari para pendahulunya.

Eddie menyampaikan pada USA Today, setelah dirinya merekomendasikan BLM untuk Hadiah Nobel Perdamaian, kotak masuknya dipenuhi oleh orang Amerika yang geram karena menganggap gerakan tersebut tidaklah berjalan secara damai. Namun semenjak merekomendasikan BLM, dia sudah siap jika harus mendapatkan kritik.

Komite Nobel Norwegia tidak akan mengungkapkan siapa nominator atau calonnya, nominasi tersebut juga tidak berarti menyatakan dukungan dari Komite. Para nominator tersebut merupakan pemimpin pemerintahan, profesor universitas terpilih, atau anggota organisasi internasional. Mereka dipersilahkan untuk mengumumkan pilihan mereka di antara ribuan yang lainnya.

Nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2021 akan jatuh tempo pada 1 Februari, pemenangnya akan dipilih pada Oktober, dan diikuti dengan acara penghargaan di Desember mendatang.whiteboardjournal, logo