Santamonica Kembali Menunjukkan Eksistensinya dengan Merilis Versi Baru Lagu “Wanderlust” Milik KimoKal

Music
04.02.21

Santamonica Kembali Menunjukkan Eksistensinya dengan Merilis Versi Baru Lagu “Wanderlust” Milik KimoKal

Versi baru dari “Wanderlust” dipilih menjadi titik kembalinya duo electronic pop ini setelah absen merilis lagu lebih dari satu dekade.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Santamonica

Jika kita mengintip kembali pada paruh kedua dekade 2000-an, Santamonica bukanlah nama yang asing untuk kancah musik independen Jakarta. Duo electronic pop yang dipenggawai oleh Joseph Saryuf dan Anindita Saryuf ini sempat rajin berlalu-lalang membawakan repertoar dari debut albumnya yang bertajuk “Curiouser and Curiouser”, dirilis di bawah naungan Sinjitos Records tepatnya pada tahun 2007 silam.

Sejak saat itu Santamonica seperti absen mengeluarkan karya baru, mereka seolah tertidur lebih dari satu dekade lamanya. Namun di tahun 2021, Joseph dan Anindita memilih untuk kembali lagi dengan membawakan ulang lagu milik KimoKal yang berjudul “Wanderlust” namun dengan aransemen versi Santamonica.

Musik yang mereka mainkan kini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bagaimana daftar lagu dalam album “Curiouser and Curiouser” terdengar. Masa-masa jeda Santamonica dimanfaatkan oleh Joseph yang berperan sebagai produser untuk melakukan eksplorasi, bersama dengan Anindita, mereka berdua selalu ingin mencoba hal-hal baru, sikapnya yang terbuka terhadap perkembangan musik membuat Santamonica mencoba menghindari pengulangan formula yang sama dalam pembuatan musiknya. Hal tersebut yang menjaga Santamonica tetap beraktualisasi, terlebih sejak kemunculannya kembali.

Proses kreatif Santamonica dalam menggubah ulang lagu “Wanderlust” memakan waktu sebanyak 30 hari. Tanpa membuat lagu tersebut memiliki aransemen yang terlampau jauh dari versi orisinal milik KimoKal, Santamonica memproduksi aransemen yang memperluas spektrum suara dan menambahkan elemen perkusif yang dominan. Teknik Anindita dalam menyanyikan lirik yang dibuat oleh Kallula Harsynta Esterlita itu terdengar seperti setengah berbisik bernada gelisah, dipadukan dengan bunyi arpeggio repetitif dari synthesizer.

Vokal Anindita memiliki peran untuk menyampaikan sebuah kausa prima dalam konteks yang diinterpretasikan Santamonica secara musikal dalam lagu “Wanderlust” ini kepada para pendengarnya. Meski di sini mereka menghembuskan nafas baru musikalitasnya, namun elemen pop tetap menjadi pegangan untuk akar musik Santamonica.

Seperti yang dikatakan oleh Anindita, “Kami tetap berharap agar semua teman lama dan pendegar musik kami juga dapat tumbuh bersama dengan arahan musik kami yang baru, tetap bisa menikmati walaupun memang sedikit ada perubahan.”

Versi baru dari “Wanderlust” yang digubah Santamonica ini dirilis oleh perusahaan rekaman WKNDR.Music, dan bisa dinikmati oleh kalian secara eksklusif melalui platform layanan streaming JOOX pada tanggal 4 Februari 2021.whiteboardjournal, logo