Stereolab Merilis Lagu Cukup Langka Berjudul “Household Names” sebelum Mengeluarkan Kompilasi “Electrically Possessed”

Music
07.02.21

Stereolab Merilis Lagu Cukup Langka Berjudul “Household Names” sebelum Mengeluarkan Kompilasi “Electrically Possessed”

Lagu tersebut terdapat pada mini album “The First Of The Microbe Hunters” yang dirilis tahun 2000 silam.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Pitchfork / David Cowlard

Stereolab adalah nama band yang cukup mencuri perhatian kancah musik UK pada era ‘90-an. Kemunculannya tak bisa dilepaskan dari bubarnya grup besutan Tim Gane, yakni McCarthy di tahun 1990. Gane dan Laetitia Sadier yang saat itu merupakan pasangan kekasihnya dan pernah juga mengisi album terakhir McCarthy diajak untuk membentuk band baru; Stereolab.

Stereolab terkenal dengan jenis musik alternatif yang cukup khusus dan berbeda dari yang lain, di mana mereka merayakan musik rock yang bisa dileburkan bersama elemen pop tersendiri; seperti lounge-pop atau bossa nova. Vokal Sadier memiliki daya tarik yang membuat pendengarnya terkesan dan tenggelam dengan balutan rhythm melodius. Mereka juga kerap menawarkan lirik yang revolusioner, semenjak Gane bersama McCarthy, dirinya dikenal sering menyampaikan politik sayap kiri dalam lagunya, seperti politik Marxis yang bisa ditemui pada repertoar milik Stereolab.

Menjelang mengeluarkan kompilasi “Electrically Possessed” yang akan datang, pada 3 Februari lalu mereka merilis sebuah trek cukup langka berjudul “Household Names” yang juga termasuk pada “The First of the Microbe Hunters”, album mini Stereolab pada 2000 silam.

Melalui rilisan pers, Tim Gane memberikan penjelasan mengenai trek tersebut, “During a two-week break in touring for the Cobra and Phases Group LP we decided to go into Blackwing Studios to record a bunch of tracks “old style”–straight to tape for what would become the world’s first double-mini album ‘First of the Microbe Hunters’”.

The track has some lovely singing throughout and great keyboard arrangements courtesy of Sean O’Hagan. We played pretty much as a band and unlike the previous two LPs we didn’t use any computers. Andy [Ramsay]’s working title for the song was ‘Dicky Bows at Dawn’, a reference to its cabaret wedding band sound.” Lanjut Gane.

“Electrically Possessed” sendiri merupakan 3xLP yang meliputi karya Stereolab sejak tahun 1999 hingga 2008. Rencananya kompilasi tersebut terdiri dari lagu-lagu langka mereka, termasuk “The First Of The Microbe Hunters”, lalu beberapa yang belum dirilis dari sesi “Mars Audiac Quintet” dan “Dots And Loops”, terakhir sebuah lagu berjudul “Dimension M2” yang pertama dirilis pada tahun 2005 dalam sebuah kompilasi “Disko Cabine”.

“Electrically Possessed” akan dirilis 26 Februari mendatang via Warp Records dan Duophonic UHF Disks dalam format piringan hitam. Kalian bisa melakukan prapesan album kompilasi tersebut di sini.whiteboardjournal, logo