Things We Like: Lebaran Dishes

Culinary
10.05.21

Things We Like: Lebaran Dishes

Santapan khas Lebaran pilihan kami.

by Whiteboard Journal

 

Tidak terasa bulan Ramadan akan berakhir sebentar lagi. Selesainya bulan ini pun disambut dengan Idulfitri yang identik dengan beragam masakan khas untuk disantap bersama keluarga. Untuk menyambut Lebaran, kami mengumpulkan beberapa menu santapan favorit kami. 

M. HILMI
Managing Editor

What:

Berkatan

Description:

Saat-saat lebaran tak di kampung halaman terasa paling sunyi saat tak ada orang tua untuk sungkem, dan tak ada makan bersama di masjid setelah shalat ied. Sulit menggantikan rasa nasi berkat yang dimasak beberapa jam sebelumnya saat orang-orang takbiran, dan dimakan persis setelah kita memanjatkan doa bersama. Biasanya, di kampung gue, setiap satu kepala keluarga membawa satu rantang besar isi makanan, dan nanti rantang makanan itu akan di-shuffle sebelum dibagikan lagi ke jamaah, jadi kita akan dapat surprise menu dari masakan tetangga (sebuah ritual yang mungkin susah dibayangkan di masa pandemi ini). Entah bagaimana, menu yang sangat sederhana ini selalu terasa enak dan tak terganti. Yang wajib ada biasanya adalah mie goreng, sambal goreng kentang + hati, telor rebus, dan irisan timun. Tambahkan itu dengan sejuk yang selalu ada di hari fitri, maka kita akan sampai di surga, walau sementara. 

GHINA HANA SABRINA
Editorial Staff

What:

Semur Lidah

Description:

Selain makanan khas lebaran pada umumnya seperti opor ayam, sayur lodeh, ketupat, dan sambal goreng kentang ati, gue selalu gak sabar buat menyantap semur lidah. Ini salah satu menu yang harus ada setiap lebaran, dan biasanya menu ini dibuat hanya untuk gue since orang tua gue udah stop makan jeroan. 

Secara konsep sebenernya gak jauh beda dengan semur daging, cuma ya bedanya ini pakai lidah. Menurut gue yang utama memang tekstur lidahnya sendiri yang empuk dan gurih. Lebih enak lagi kalau kuah semurnya udah nyampur sama kuah opor & sayur lodeh. Laper.

SABRINA FARIZKY
Marketing & Partnerships

What:

Malbi Kambing

Description:

Malbi ini adalah jagoan makanan lebaran yang sudah turun temurun jadi tradisi dari sisi keluarga nyokap gue, dan harus selalu ada setiap lebaran, bahkan gue pun jadi belajar cara masaknya supaya bisa tetep makan ini selama gue dulu kuliah di luar. 

Gue baru tau belakangan ini kalau ternyata malbi ini adalah makanan khas Palembang, meskipun keluarga nyokap gue asalnya dari Lampung, dan ternyata aslinya kebanyakan orang menggunakan daging sapi.

Malbi ini rasanya agak mirip sama semur, agak manis tapi lebih gurih, dan kuahnya lebih kental dan sedikit. Mungkin kalau dari segi penampilan kayak percampuran antara semur daging sama rendang basah. Paling mantep kalau pas makan dicampur sama kuah opor dan gulai kambing, terus ditambah acar sayur dan emping, ini baru namanya santapan hari raya yang sempurna.

MAR GALO
Bamboo Twist

What:

Rendang Kentang

Description:

Mulai tahun lalu, keluarga mertua mulai pesen rendang kentang buat yang vegan/vegetarian. Rendang kentang plus kacang merah asli Padang buatan tante Santi yang rasanya gak kalah sama rendang daging. Foto dari stock image tapi penampakan sama persis. 

whiteboardjournal, logo