Fitur Terbaru Google Calendar, ‘Focus Time’, Dapat Memblokir Permintaan Rapat Secara Otomatis

Media
25.10.21

Fitur Terbaru Google Calendar, ‘Focus Time’, Dapat Memblokir Permintaan Rapat Secara Otomatis

Fitur baru ini sangat ideal untuk para pekerja dan pelajar yang perlu mengatur jadwal mereka dengan hati-hati.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Nada Salsabila
Foto: Google

Dari sebelum pandemi hingga sekarang, rapat yang berlebihan sudah menjadi masalah. Sebagai upaya untuk membantu time management para pengguna, Google meluncurkan fitur baru agar penggunanya bisa menghindari gangguan. Fitur yang disebut “Focus Time” di Google Calendar tidak hanya dapat menunjukkan status, tetapi juga dapat memblokir permintaan rapat secara otomatis untuk slot waktu tersebut. Sebelum Google merilis fitur ini, Microsoft juga menyertakan fitur “Focus Time” di Windows 11 untuk membantu orang bekerja dalam waktu singkat tetapi lebih efektif.

Fitur baru ini sangat ideal untuk para pekerja dan pelajar yang perlu mengatur jadwal mereka dengan hati-hati, dan juga untuk memastikan bahwa blok waktu tertentu tidak akan dimonopoli oleh berbagai kegiatan di hari itu. “Focus Time” adalah opsi entri baru yang digambarkan Google mirip dengan opsi Out Of Office event.

Untuk menggunakan fitur ini pengguna dapat memilih tab “Focus Time” dari daftar jenis entri saat membuat entri baru. Tanggal dan waktu ditambahkan seperti biasa, termasuk detail terkait yang mungkin ingin ditambahkan seperti deskripsi atau lokasi. Pengguna juga dapat memilih kapan mereka mendapat pemberitahuan tentang entri tersebut, visibilitasnya, dan bagaimana status mereka dimunculkan di Google Calendar, misalnya “sibuk”.

Fitur ini memiliki ikon headphone kecil di yang muncul di sudut kiri atas blok kalender dan dapat diberi warna berbeda untuk membantu memisahkannya dari hal-hal lain di jadwal harian. “Focus Time” juga dapat diatur untuk secara otomatis menolak rapat yang dijadwalkan selama blok tersebut, yang dapat membantu memastikan bahwa waktu fokus pengguna tetap terbuka dan bebas dari rapat yang mengganggu. Fitur ini juga akan muncul di panel “Time Insights” sehingga pengguna dapat melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk rapat dan untuk pekerjaan yang terfokus.

Dalam menjelaskan alasan fitur baru tersebut, Google mengatakan di blog Workspace-nya, “Dengan perubahan lingkungan kerja kami dalam satu tahun terakhir, memiliki lebih banyak obrolan dan rapat membuat lebih sulit bagi orang untuk mengukir waktu untuk pekerjaan inti dan pekerjaan individu mereka. Dengan fitur time focus yang baru, kami berharap dapat mempermudah dalam menciptakan waktu khusus untuk berpikir dan mengerjakan pekerjaan inti.”

Entri waktu fokus mulai diluncurkan pada tanggal 20 Oktober untuk pengguna di jalur Rapid Release, tetapi entri tersebut tidak akan tersedia untuk setiap pengguna Google Calendar. Google mengatakan fitur ini akan hadir untuk pelanggan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Teaching & Learning Upgrade, Education Standard, Education Plus, dan pelanggan Nonprofits.whiteboardjournal, logo