People, Culture & Ideas

21.12.17

People, Culture & Ideas

Gagasan dan Harapan untuk 2018

by Febrina Anindita

 

huawesmall

ATHINA IBRAHIM (Editor)

People
Hoping we minimize generalisation and not only use empathy on brand jargons, but really push ourselves to actually listen and empathize more in person.

Culture
This year’s event has pushed a lot of people to look inwards – defining your identity, your cliques, and your community. At the same time, many in the creative scene are breaking the exclusivity norms and are kicking off great collaborations this year. I hope next year would bring more cross genre collaborations within the creative scene.

Ideas
There are always too many ideas! Hopefully self-initiated projects.

huawesmall

ALEK KOWALSKI (Entrepreneur)

People
Kesempatan berkeliling di banyak kota dan wilayah di Indonesia membuka pandangan seluas – luasnya mengenai segala sesuatu dan mengubah cara pandang saya. Termasuk untuk tahu bahwa apa yang kita dengar, baca dan kita lihat belum tentu seperti kelihatannya. Masih banyak orang baik di negeri ini.

Culture
Harusnya ada movement baru. Proses kreativitas ini timbul dari naluri manusia, naluri untuk bertahan hidup.

Ideas
Bersiasat 13 kota dengan Siasat Partikelir dan Folk Music Festival 2018!

huawesmall

MUHAMMAD HILMI (Editor)

People
Rasanya tak elok untuk menaruh harapan kepada orang lain, sedangkan diri sendiri masih tak jarang menjadi bagian dari masalah yang ada. Dan untuk itu, semoga benci di hati berganti jadi empati, apatis tumbuh menjadi energi untuk berbagi yang tak hanya hidup di dunia maya, tapi juga di aktivitas sehari-hari.

Culture
Semoga semakin banyak keberanian dan eksplorasi menjadi awal dari karya, supaya regenerasi hidup dan nyata, bukan cuma jadi agenda.

Ideas
Akan ada update yang cukup besar di Whiteboard Journal, semoga lancar dan membuat pengalaman membuka website jadi semakin menyenangkan. Mudah-mudahan buku The Jadugar bisa segera rilis. Hendaknya bisa nulis dan menjalankan proyek personal dengan lebih serius dan konsisten.

huawesmall

GARY (Musisi/Pengajar)

People
Harapan saya di tahun 2018 nanti, netizen bisa lebih pintar dan lebih bijak ketika memberikan komentar di media sosial. Dan untuk masyarakat Indonesia, agar bisa lebih berhati-hati dan toleran ketika berhubungan dengan hal yang terkait SARA.

Culture
Menurut saya akan muncul tren-tren baru yang asyik tahun depan, karena skena kreatif Indonesia (khususnya Jakarta) sedang bergelora dan bersemangat, ditambah lagi di tahun 2017 ini ada Jakarta Creative Hub sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap perkembangan seni di Jakarta. Lalu ada juga Museum MACAN sebagai sesuatu yang segar untuk komunitas seni dan juga masyarakat awam, serta acara Jakarta Biennale yang selalu sukses menarik pengunjung. Di samping itu juga semakin banyak workshop dan pameran non-mainstream dari seniman-seniman muda di 2017 dan mudah-mudahan akan terus banyak juga tahun depan.

Ideas
Ada proyek musik bersama seorang model dan DJ bernama Jan dan seorang lelaki dari Vice Indonesia yang mempunyai dada seksi bernama Yudhis (nantikan ya!). Selain itu juga ada proyek jalan-jalan, proyek percintaan dan proyek minum.

huawesmall

AMELIA VINDY (Penulis)

People
Sampai detik ini masyarakat di Indonesia masih jauh dari apa yang saya bayangkan, terutama jika membicarakan tentang aspirasi, katanya negara demokrasi tapi isinya cuma diskriminasi. Namun, meskipun didominasi dengan orang-orang yang demikian, saya tetap bersyukur karena berada di lingkungan yang jauh dari orang-orang tersebut, sehingga harapan saya tidak akan pudar dan dengan setitik harapan, perlahan orang-orang yang lebih akrab di sebut netizen hari ini, bisa menemukan jalan menuju keterbukaan.

Culture
Saya rasa akan selalu ada angin segar di ruang-ruang kreatif, apa pun bidangnya. Karena saya cukup akrab dengan industri musik independen, saya melihat akan ada masa depan yang cerah untuk para pelakunya, mengingat hari ini tidak ada lagi batasan antara musik mainstream dan sidestream. Ini menandakan bahwa yang akan berkembang nanti memiliki kesempatan yang sama besarnya, apapun latar belakang mereka. Memang pasti akan ada faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi, tapi selama ada kemauan dan usaha untuk melakukan yang terbaik, faktor-faktor tersebut akan mengikuti dengan sendirinya. Saya yakin begitu.

Ideas
Saya akan mencoba untuk berbisnis, semoga tahun ini bukan hanya wacana seperti tahun-tahun sebelumnya.

huawesmall

ANGGA ALLENSYAH (Content Creator)

People
Be more human. Kurangi jaga image dan gengsi. Kalo lo tertarik sama seseorang (di luar konteks percintaan) ya kenalan aja, follow aja, tanyain aja. Banyakin orang-orang positif dalam hidup lo. We’re still young and still nothing. Just be bold and you’ll be surprised with tons of valuable insights that you can get from all those inspiring new people. Ini ceritanya note to self.

Culture
Tiap tahun pasti akan ada movement baru yang bermunculan, tapi tantangannya adalah bagaimana caranya membuat semangat baru tersebut tidak padam di tengah-tengah. Nah, menurut saya, di sini harus ada sinergi yang baik antara komunitas dengan media. Harus ada rasa saling dukung dan rasa keterbukaan yang jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Media harus bisa cover ranah di luar fokus mereka dengan usaha maksimal, dan komunitas juga harus bisa menerima respon dari luar lingkaran mereka dengan lebih baik. Let’s keep challenging the status quo.

Ideas
Saya sedang mempersiapkan channel YouTube yang membahas sneakers dan lifestyle. Ini sebenarnya juga merupakan tantangan. Kita sering tahu apa yang works (or not), kita punya idenya, tapi kita masih malu-malu atau tidak percaya diri untuk eksekusi ide tersebut. Just do it, really. Kedua, saya juga sedang merancang sebuah clothing label.

huawesmall

RATTA BILL (Musisi/Desainer Grafis)

People
Semoga kita semua bisa semakin dewasa dalam menyikapi isu-isu yang ada, terutama saat berhubungan dengan pemakaian internet yang seharusnya bisa menjadi ruang yang nyaman bagi semua khalayak. Dan semoga semakin sedikit orang yang buang sampah sembarangan!

Culture
Sebagai seseorang yang aktif di kancah musik, saya senang karena tahun ini saya merasa perkancahan musik semakin diverse. Seperti musik hip hop yang tren belakangan ini, beberapa tahun lalu masih terasa ada kecanggungan bagi musik hip hop generasi baru bisa diterima oleh pendengar musik alternatif dan sebaliknya, tapi tahun ini saya sudah bisa menonton Zzuf dan BAP satu panggung, dan ternyata seru-seru aja. Saya rasa memang sudah saatnya seperti itu.

Ideas
Bedchamber akan rilis album penuh perdana pada awal tahun dan mungkin akan melakukan tour lagi. Kolibri Rekords akan merilis beberapa rilisan baru dengan gaya musik yang lebih variatif. Sisanya mungkin akan lebih spontan (tertawa).

huawesmall

JOHN NAVID (Musisi)

People
Harapan untuk 2018 semoga lebih banyak acara-acara yang menarik dan lebih edukatif karena sangat menyenangkan melihat banyak skena kreatif yang bermunculan.

Culture
Melihat dari sejarah, movement baru biasanya muncul akibat dari penyelewengan atau pelanggaran dari movement sebelumnya. Mengenai movement baru tersebut, mari kita tunggu saja orang berikut yang akan melakukannya

Ideas
Tahun 2018, saya akan menerbitkan buku foto polaroid saya dengan tema self-portrait. Semua foto dilakukan sendiri dengan bantuan tripod dan dikontrol lewat bluetooth dengan kamera polaroid. Lalu saya juga membuat proyek musik format duo eksperimental dengan Adra Karim yang akan dipertunjukkan di acara Jazz Buzz Salihara pada bulan Februari 2018.

huawesmall

CHANDRA DREWS (DJ/Copywriter)

People
Well, I need to actually go out and about in order to give my opinion on the wider general public and their activities. But you know, be fun and merry and all that.

Culture
Rumour has it Moodymann is supposed to come over sometime in 2018. I’ll stick all my hopes on that. Oh and perhaps Floating Points too (please, someone?).

Ideas
I have a wholesome plan of selling more food by improving Ffonz & Sons Catering Co.

huawesmall

KENDRA AHIMSA (Seniman)

People
It would have been so nice if the “60%” could just light a candle, sit down in a circle and start think to themselves how colours should be celebrated. 2017 also gave us a lot of misguided behaviors, from gallery/museum visitors who don’t know how to appreciate artworks accordingly, netizen police who brings race/religion into every argument, to people in Tanah Abang station who cannot seem to fathom the concept of how the escalator’s right lane is for people who are in a hurry and needed to move so if you want to stand around checking your instagram be a doll and please stand on the left. I hope by 2018 these people would gave in to their common sense.

Culture
The currently-peaking creative scene will always be ever-evolving. Easy access (potentially) makes kids these days have great taste in stuff since way early, so I hope they come up with something new and exciting.

Ideas
I plan on releasing a series of wearable products sometime soon.

huawesmall

KEN JENIE (Musisi/Editor)

People
An online taxi driver who took me home a couple of days ago mentioned something that echoes my own sentiments. What started as a passing comment about how packed Amigos is on Monday nights ended up as a discussion on the growing intolerance that unfortunately has become a prominent issue in 2017. The conversation ended on a good note, where we shared our hopes for the years to come – and here it is: He and I hope we can take a moment from our activities to reflect on the things we have done as well as the perspectives that drive our actions (or inaction), and hopefully this brief moment of introspection can inspire us to become a more tolerant, respectful and empathetic individual, community, and society – online and offline.

Culture
When talking about anything involving creativity, I always look forward to the inevitable innovation that will blow our minds – and its even better if it’s by an individual or collective that is relatively new or unknown because regeneration is always sign of a healthy creative scene. So that’s what I am looking forward to in 2018 – getting my mind blowned by the creative unknown!

Ideas
Aside from work-related projects (there are too many to name), there are two main personal projects I hope to finish in 2018. The first is a super-procrastinated music project and a brand new solo project. Both have been in the works these past couple of months and will hopefully be finished next year – the earlier the better. Second is getting a bookshelf. Mar and I have been piling the things we have accumulated on top of each other and it is time they get organized! Other than that, I just want to go with the flow and see what 2018 has to offer because opportunities often present themselves unexpectedly.

huawesmall

POPPIE AIRIL (Musisi)

People
Budaya membaca deskripsi, caption, dan info terkait di media sosial semoga senantiasa diterapkan sehingga tidak melulu salah informasi dan salah partisipasi.

Culture
Tahun 2018 sepertinya akan banyak diisi oleh konsepsi artistik yang kontemporer, dan kembali ke masa lalu untuk romantisme koleksi. Lalu perangkat hobi masih terjadi, sehingga masa lalu menjadi masa kini, dan itu adalah kontemporer.

Ideas
Saya sedang mengerjakan materi untuk proyek solo yang diberi nama Bing. Ternyata metode pengerjaannya unik; untuk kepentingan penulisan liriknya saya perlu data-data terkait dimana akhirnya melibatkan banyak narasumber. Riset empiris ini sepertinya akan menjadi bagian dari kemasan rilisannya nanti.

huawesmall

EDWIN (Sutradara)

People
Semoga 2018 adalah tahun yang baik untuk mulai bersama-sama menggunakan alat transportasi publik.

Culture
Untuk perfilman, sepertinya urusan arsip akan menjadi diskusi penting. Semenjak digital menjadi mainstream, sudah banyak kasus kasus karya digital yang hilang akibat kekacauan sIstem penyimpanan. Mungkin akan ada seni berbasis arsip yang mendorong usaha pengarsipan semakin teratur dan efisien. Media analog, juga bisa menjadi medium yang jitu untuk eksplorasi bentuk, sekaligus menegaskan pentingnya pengarsipan. Karena biar bagaimana pun, seluloid adalah medium penyimpanan paling mutakhir, dan mumpuni.

Ideas
Film tentang makanan, dan menyelesaikan proses adaptasi buku ke film, “Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas.”

huawesmall

FEBRINA ANINDITA (Editor)

People
I hope net neutrality won’t be repealed here in Indonesia, because our common sense seems to have downgraded since 2016 thanks to our unwise internet habits. Moreover, I’m trying to be hopeful. We should cleverly optimize our use of the net so we can have a new order where people can inspire, not diss, each other to create a better state for everyone.

Culture
Not sure about the creative development here in Indonesia because, from what I have seen, the scene is a bit scattered and there are no definitively promising movement. Net-based culture will be heavily infused in daily live and the creative scene as well, but I hope it won’t come to a point where people can’t live or function without it. I hope creative people won’t exclusively make content/work/art that are inspired by socio-cultural issues because, although we need revelation, we do need happiness to reach an equilibrium in life. It would be great if everyone is aware with whatever happens wherever, but everyday life is much more relatable, engaging, and intriguing.

Ideas
Personal projects? None pops in my head, but I’ll try to be a bit more aware of video content. Oh I promise to begin the Muay Thai lessons I have postponed for 1 year. I would also like to travel somewhere far and join a hypnotherapy or anger management session, because I want to know what they feel like.

huawesmall

ADYTHIA UTAMA (Musisi/Videografer)

People
Tahun 2018 semoga kita makin gaul, keren, makin banyak selebgram, semakin banyak restoran pizza, dan tren makanan bertema mangga berakhir. Dan semoga tahun depan orang berhenti makan pizza dengan topping nanas.

Culture
Skena dan gerakan kreatif harusnya makin kreatif di masa yang akan datang, asal jangan menconteknya yang jadi semakin kreatif. Tapi jangan tersinggung, kan ini juga motivasi.

Ideas
Bikin film lagi, semoga bisa tuntas.

huawesmall

MAR GALO (Musisi/Copywriter)

People
Semoga di tahun 2018 kita akan lebih bijak menyikapi segala sesuatu dan sekadar meningatkan kalau bisa jangan terlalu kejam terhadap admin media sosial. Dan jangan lupa daftar kartu SIM supaya tidak diblokir nomornya.

Culture
Skena kreatif di Indonesia lagi seru-serunya. Jakarta Biennale baru-baru ini sangat berkesan. Begitu juga dengan film-film dari sutradara yang sebelumnya lebih dikenal di jalur arthouse, tahun ini menghasilkan film yang dapat merebut pasaran penonton yang lebih luas. Film-film seperti “Posesif,” “Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak,” dan “Istirahatlah Kata-Kata” adalah 3 daripada film yang dimaksud. Di musik juga sedang sangat seru, dengan banyaknya acara revival atau nostalgia musisi dan musik lawas. Acara dari Suara Disko dan Swara Gembira membuka kembali lembaran musik Indonesia dari tahun 80 dan 90-an kepada pendengar yang lebih muda. Movement baru mungkin akan semakin banyak YouTuber yang spesialisasi dalam review film dan/atau merekam reaksi ketika nonton film.

Ideas
Jirapah akan membuat album.

huawesmall

HERU ADMADJA (Videografer)

People
Saya selalu suka membuat formula baru, mengingat industri saya bukanlah sebuah industri yang baru. Karena itu, buat saya tantangan di 2018 adalah orang-orang; terutama yang muda, karena sudah semakin pintar terhadap perkembangan dunia digital dan industri video. Jadi saya rasa mungkin tahun depan diharapkan orang-orang lebih ke arah sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru, dalam artian, benar-benar baru di dunia. Bukannya seperti, “Eh di luar sudah mulai, ayo kita buat juga” sehingga hal tersebut tidak lagi menjadi sesuatu yang baru di negara kita. Kalau bisa benar-benar baru di semuanya, tapi juga harus disesuaikan dengan pasar kita.

Culture
Sepertinya di awal tahun masih akan ada yang terbawa dari tahun ini, sedangkan kultur menurut saya media sosial akan tetap “memegang”, mungkin ya. Media sosial tidak selalu positif, ada banyak juga negatifnya, contohnya seperti yang terjadi dengan politik di tahun 2017 yang mana rasanya politik itu disetir melalui peran media sosial. Dan seandainya nanti kita kehilangan fungsi dari internet, padahal saat ini kita sudah cukup tergantung kepadanya, saya rasa, saya tidak akan takut dan akan tetap bisa bertahan karena saya sebelumnya sudah melalui masa-masa tanpa internet, jadi saya telah merasakan kedua masanya.

Ideas
Ada beberapa rencana, namun semua itu ditentukan oleh keputusan final saya di akhir tahun. Jadi rencananya saya ingin membuat sebuah kantor produksi untuk “menjual” semua hal yang selama ini tidak bisa saya jual langsung. Intinya mau membuat sesuatu hal yang memang saya suka, karena selama ini saya dibayar untuk mengikuti keinginan orang. Kenapa tidak saya buat saja usaha kecil-kecilan? Tapi setidaknya orang akan tahu kalau ini output-nya pure dari saya. Jadi saya ada bargaining power untuk jual lebih karena ini adalah kantor saya sendiri. Setidaknya saya tidak hanya mengikuti apa maunya klien atau PH, dan peran saya cuma eksekusinya saja. Saya lebih ingin, “Ini lho kaya gini aja.” Jadi semua output yang keluar dari kantor saya nanti, adalah yang saya sukai semua sehingga membuat sebuah identitas juga untuk diri saya sendiri.

huawesmall

JANUAR KRISTIANTO (Musisi/Copywriter)

People
Realitas masyarakat kita sangatlah kompleks, apalagi terkait kasus yang menyentuh ranah “keagamaan.” Tiap hari kita dikondisikan untuk menghadapi berbagai gelombang informasi (yang terkadang tidak jelas sumbernya), ujaran kebencian, praduga sistematis yang dilontarkan kelompok tertentu untuk meluruskan agenda terselubung dan masih banyak lagi berita hoax yang seolah tak pernah mengendur. Dalam hal ini, netizen memiliki peran sentral untuk menjadi motor di sosial media, mereka bisa menggerakkan sosial media menjadi lebih baik dan di saat bersamaan juga menjadi lebih buruk. Harapan untuk ke depannya supaya sosial media tetap menjadi tempat terbuka untuk semua kalangan dan bisa membawa inspirasi ketimbang melahirkan para moralis basi.

Culture
Selama dunia ini masih eksis, skena kreatif pun akan tetap bergerak dinamis. Berbagai isu yang hadir, baik itu politik, sosial, ekonomi, lingkungan, dan sebagainya akan serta merta memberi ruang bagi kreativitas untuk menemukan tempat mereka di dunia ini.

Ideas
Vague rencananya akan keluar dengan beberapa rilisan 7″ di 2018, tapi belum ada tanggal pasti yang ditentukan. Ada juga kemungkinan kembali ke studio untuk menulis materi baru (hopefully untuk full length). Selain itu, punya inisiasi juga untuk menggarap proyek musik baru, hanya saja baru terlintas di angan, jadi semoga di 2018 benar-benar jadi kenyataan.whiteboardjournal, logo