Bekerja Sama dengan MUJI, Kanye West Berikan Perubahan Baru pada Packaging McDonalds

Design
01.06.22

Bekerja Sama dengan MUJI, Kanye West Berikan Perubahan Baru pada Packaging McDonalds

Kanye West atau disebut Ye kembali dari hiatus Instagramnya dengan mengumumkan kolaborasi McDonalds dibarengi Naoto Fukasawa, desainer dari MUJI.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Jesslyn Sukamto
Foto: Getty Images

Ye, umumnya dikenal sebagai Kanye West, telah mengejutkan penggemar dengan comebacknya di Instagram atas pengumuman kolaborasi dengan desainer MUJI, Naoto Fukasawa dalam mendesain packaging McDonald’s.

Rapper yang berbasis di Atlanta ini menggunakan akun Instagramnya yang dulu sempat dihapus untuk mengumumkan bahwa ia telah bekerja sama dengan Fukasawa untuk “membayangkan kembali kemasan McDonald’s.” Postingannya telah mengumpulkan lebih dari 1,5 juta likes dan 21.000 komentar sejauh ini.

Postingan itu muncul hanya beberapa jam setelah pemenang Grammy itu menggoda kolaborasi di Instagram Stories-nya, dengan mereferensi salah satu kalimat dari lagu hitsnya pada tahun 2005 berjudul “Gold Digger.” 

Dari sneak peek postingan tersebut, tampaknya itu merupakan sebuah packaging Big Mac, dalam 8-bit, memplasterkan bahan-bahan dari burger dan logo McDonald dalam kotak segi empat.

Ye sendiri memiliki sejarah yang panjang dengan desain. Selain dari bidang fashion seperti Yeezy yang telah mengguncang dunia, atau bidang musik sebagai rapper yang telah memenangkan banyak Grammys, ataupun di bidang-bidang lainnya seperti perilisan buku dan film, Ye juga telah berkontribusi dalam bagian desain seperti perilisan Yeezy Home, sebuah perluasan desain arsitektur dan produk dari bidang fashionnya.

Pendekatan desain ini sealur dengan warisan Naoto Fukasawa, seorang inovator yang merupakan salah satu tonggak dalam desain produk selama beberapa dekade. Terkenal atas karyanya dengan peralatan rumah tangga Jepang, MUJI, Fukasawa merupakan desainer yang terkenal dengan menampilkan karya-karya berbentuk modern, minimalis, dan gampang diintegrasi dengan kehidupan sehari-hari orang.

Sampai sekarang masih belum ada informasi kapan redesign ini akan diluncurkan, apakah itu perubahan edisi permanen atau limited edition, atau apakah ada lebih banyak kolaborasi antara Ye dengan McDonalds.whiteboardjournal, logo