Hyundai Usung Konsep Mobilitas Bersih dalam Pameran Interaktif “Hyundai Motorstudio Senayan Park”

Design
12.06.22

Hyundai Usung Konsep Mobilitas Bersih dalam Pameran Interaktif “Hyundai Motorstudio Senayan Park”

Hyundai resmi membuka fasilitas dan pameran interaktif “Hyundai Motorstudio Senayan Park” untuk komunikasikan visi jangka panjang brand dalam mobilitas bersih dan lingkungan.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Inaya Pananto
Foto: Hyundai

Pada tanggal 9 Juni kemarin brand otomotif Hyundai resmi membuka “Hyundai Motorstudio Senayan Park” yang merupakan fasilitas ketujuh di dunia dari Hyundai. “Hyundai Motorstudio” sendiri adalah sebuah brand experience center yang hadir dengan konsep utama mobilitas bersih baik dari segi desain dan output lingkungan. Dibukanya fasilitas ini di Indonesia menandakan kepentingan posisi Indonesia dalam pergerakan brand Hyundai.

Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha, kehadiran fasilitas ini menjadi sebuah wujud keseriusan dan komitmen Hyundai dalam menjalankan prinsip mereka sebagai sebuah brand yang selalu mengedepankan kepentingan customer.

Lebih spesifik lagi, pertimbangan untuk meluncurkan “Hyundai Motorstudio” di Indonesia menjadi bukti peran penting yang dipegang Indonesia dalam berjalannya ekosistem EV global.

Pernyataan ini juga didukung kuat oleh Executive Vice President and Head Head of Customer Experience Division Hyundai Motor, Thomas Schemera, yang berpendapat bahwa Indonesia merupakan pusat strategi mobilitas masa depan dari Hyundai Motor terutama di kawasan Asia tenggara atau ASEAN.

Lebih dari sekadar showroom mobil berlantai dingin dan berkaca bersih, “Hyundai Motorstudio Senayan Park” hadir dengan teknologi inovatif yang menjembatani industri otomotif dengan gaya hidup modern, seni, dan juga teknologi. Didesain secara khusus untuk memenangkan perhatian dari generasi MZ (Millennials dan Gen Z) Indonesia yang menjadi target utama profil pengguna produk-produk generasi terbaru dari Hyundai. Generasi MZ memiliki kecenderungan untuk mengedepankan brand experience dan personal relationship dengan brand yang mereka pilih, karena itulah Hyundai mengetuk kecenderungan tersebut melalui “Hyundai Motorstudio Senayan Park”.

Tampilan layar LED dalam pameran “Hyundai Motorstudio Senayan Park”. (Foto: Hyundai)

Pengunjung pertama kali akan disambut oleh suasana dan visualisasi detail mengenai prospek mobilitas bersih di masa depan. Dimulai dengan pameran mobil EV bernama “Prophecy” lengkap dengan instalasi LED media wall mengelilingi keseluruhan ruangan pameran. Terpampang secara dinamis di layar LED tersebut adalah ragam rangkaian film menarik yang dapat membuka kunci wawasan baru bagi para pengunjung. Film yang memvisualisasikan visi dan misi jangka panjang Hyundai ini memiliki judul “The Clean Mobility Vision”.

Kata kunci clean mobility menjadi salah satu yang paling serius diusung Hyundai kali ini. Menitikberatkan pentingnya menggunakan bahan ramah lingkungan dalam produksi mobil yang notabene menyumbang banyak limbah industri dan kimia. Hyundai memperlihatkan isu-isu lingkungan yang penting untuk disadari bagi generasi MZ sebagai kelompok generasi yang sedang dan akan memegang setir keberlangsungan kehidupan. Pentingnya edukasi ini menjadi salah satu misi Hyundai dalam menunjukkan prinsip positif dan rencana jangka panjang Hyundai tidak hanya sebagai sebuah brand otomotif namun sebagai brand yang bersedia mengajak langkah-langkah perubahan yang lebih integral.

Tampilan interior pameran dan showroom. (Foto: Hyundai)

Ragam konten yang ditunjukkan dalam pameran mobil ini akan menjadi medium berkelanjutan untuk menunjukkan hasil kolaborasi Hyundai dengan seniman-seniman baik lokal maupun internasional. Platform ‘Media Art’ ini tentunya akan terus menjunjung prinsip Hyundai dalam reservasi lingkungan sehat. Tidak berhenti hanya pada pameran teknologi dan seni, Hyundai juga mendukung para pengunjung untuk membangun minat berkelanjutan terhadap gaya hidup sustainable. Mengakomodir dan mendukung minat tersebut, Hyundai menyediakan kesempatan bagi para pengunjung untuk berpartisipasi dalam kegiatan workshop daur ulang membuat produk-produk lifestyle dari bahan-bahan sisa material produksi mobil mereka.

Kerjasama antara Hyundai dengan ZEPETO mungkinkan pengunjung berfoto dengan BTS dalam bentuk avatar metaverse. (Foto: Hyundai)

Dalam kegiatan-kegiatan interaktif lain terutama di ranah media sosial, Hyundai membuat challenge “I’m On It” yang memberi kesempatan para pengunjung untuk berfoto secara virtual bersama boy group asal Korea Selatan BTS sebagai brand ambassador official Hyundai. Program ini memanfaatkan jaringan teknologi modern platform metaverse ZEPETO. Kerjasama lain yang juga dijalin dalam rangka ini adalah dengan berbagai lembaga NGO dan organisasi konservasi alam.

Rangkaian inovasi dan perwujudan visi Hyundai ini menjadi sarana bagi Hyundai untuk berkembang lagi dan mencapai level interaksi yang lebih personal dengan customernya. Terutama dalam menyampaikan pesan-pesan positif yang mereka bawa dalam perusahaan mereka, dikemas dalam bentuk kegiatan yang menyeluruh, modern, dan inovatif. whiteboardjournal, logo