Rahasia Kolektif Kolibri Rekords

Ideas
26.02.18

Rahasia Kolektif Kolibri Rekords

Berikut adalah beberapa tips dari Kolibri Rekords untuk kalian yang ingin coba merasakan perjalanan mereka.

by Febrina Anindita

 

Teks: Amelia Vindy
Foto: Kolibri Rekords

Dalam waktu kurang lebih 4 tahun, Kolibri Rekords nampak berhasil mencuri perhatian dan menjadi salah satu nama yang kehadirannya terus dinantikan, mulai dari roster, rilisan, merchandise hingga berbagai rangkaian acara dan kegiatan. Sebagai record label, Kolibri Rekords yang di inisiasi oleh Daffa Andika dan Ratta Bill ini tidak hanya memfokuskan diri pada “musik-musikan” semata, namun ada juga aspek lainnya yang membuat mereka cukup spesial. Kolibri Rekords seakan paham betul bagaimana cara memperkenalkan dan menunjukkan diri ke permukaan, sehingga kemudian mendorong nama-nama lainnya untuk muncul dan menjalankan semangat yang sama. Berikut adalah beberapa tips dari Kolibri Rekords untuk kalian yang ingin coba merasakan perjalanan mereka.

Percaya Diri
Apa yang ditawarkan oleh Kolibri Rekords memang bukanlah yang hal baru, namun keberaniannya untuk membuat sebuah record label tentu bukanlah suatu keputusan impulsif yang tidak dibarengi dengan visi misi yang matang. Hal tersebut terlihat dari bagaimana mereka merilis dan memperkenalkan Bedchamber sebagai roster pertamanya yang pada saat itu membawa angin segar di skena musik Indonesia khususnya Jakarta. Tidak hanya dari segi musik namun juga identitas visual yang vokal.

Kenali Target Pasar
Jika kenal target pasar, tentu akan jauh lebih mudah nantinya ketika akan menawarkan sesuatu. Mengenali dalam arti, tahu seperti apa karakteristik penikmat musik hari ini, musik seperti apa yang akan disukai saat ini dan bagaimana caranya agar karakter musik yang Kolibri miliki dapat menyesuaikan 2 poin tersebut.

Responsif dan Adaptif
Pergerakan informasi hari ini sangat cepat dan istilah “tidak ada yang tidak mungkin” hampir benar. Kolibri Rekords cukup mahir dalam membaca situasi atau sebuah isu, juga menyerap ilmu dan beradaptasi. Sebagai record label, Kolibri Rekords mampu mengomunikasikan hal lain diluar dunia musik, contohnya seperti mengadakan sesi diskusi untuk membicarakan topik-topik tertentu, sehingga hal tersebut membuat pasar Kolibri tidak terbatasi hanya untuk penikmat musik saja.

Pahami Kemampuan Diri
Tidak semua gig diambil Kolibri, tidak semua musik baru harus ditarik, dan tidak harus selalu memikirkan profit ketika kantong tidak bersahabat. Kolibri Rekords seakan memahami momentum-momentum yang tepat untuk beraksi, sehingga sampai hari ini rasanya jarang melihat pasar Kolibri tidak antusias oleh apa yang diberikan.

Konsisten
Kolibri Rekords bisa memperlihatkan seperti apa konsistensi yang dimaksudkan, coba perhatikan artistik visual, roster, hingga ragam acara yang dihadirkan. Dan yang menarik adalah selama kurang lebih 4 tahun, Kolibri Rekords tidak pernah berhenti memberikan kejutan dan menyalurkan semangat agar dapat memberikan stimulus kepada generasi muda hari ini, untuk bisa melakukan hal serupa.whiteboardjournal, logo

Tags