Ajak Empat Kolaborator, Bon Iver Luncurkan Lagu Terbaru Bertajuk “AUATC”

Music
08.08.20

Ajak Empat Kolaborator, Bon Iver Luncurkan Lagu Terbaru Bertajuk “AUATC”

Adanya pandemi Covid-19 tidak membuat Bon Iver berhenti untuk memproduksi karya-karya terbaru, salah satunya dengan merilis single kedua di tahun ini.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Sabilla Salsabilla
Foto: Instagram

Baru saja menggarap lagu dengan Taylor Swift bertajuk “exile” beberapa saat lalu, Bon Iver kembali merilis lagu terbaru yang juga menjadi single kedua di tahun 2020 dengan judul “AUATC”. Ditulis oleh Justin Vernon dan Phil Cook, lagu yang memiliki akronim dari “Ate Up All They Cake” ini menampilkan beberapa kontributor dalam pengisian vokal, mulai dari Elsa Jensen, Jenny Lewis, Jenn Wasner, hingga Bruce Springsteen. 

Lagu ini pada dasarnya berhubungan dengan marginalisasi, rasisme, serta penindasan yang disebabkan oleh kapitalisme dan bagaimana pandemi Covid-19 memperbesar masalah tersebut. Dilansir dari The FADER, Bon Iver mengatakan bahwa perlu adanya dorongan dari diri sendiri untuk membantu para pemimpin dan seluruh organisasi dalam mengubah dunia menjadi lebih baik. Adapun langkah yang dapat dilakukan berupa menyediakan lingkungan yang aman, memberdayakan perempuan, serta melawan perubahan iklim. Grup musik asal Amerika Serikat ini juga telah mengunggah video yang telah premiere pada Kamis dini hari. Cuplikan tersebut disutradarai oleh Aaron Anderson dan Eric Timothy Carlson, dengan menampilkan seorang penari yang menikmati alunan lagu berdurasi 2 menit 22 detik itu di publik.

Tak hanya itu, Bon Iver juga mengajak para penggemar melalui akun Twitter-nya untuk mendukung organisasi yang turut melawan kapitalisme di tengah pandemi lewat rilisan single ini. Organisasi yang disebut cukup beragam, mulai dari organisasi lokal, nasional, hingga global. Beberapa diantaranya adalah 350.org, NIVA, Equal Justice Initiative, Red Letter Grant, dan Minneapolis Movement Sanctuary.

Dengan hadirnya karya baru, Bon Iver juga memberikan isyarat akan proyek album barunya dengan memberikan judul-judul lagu menggunakan akronim. “AUATC” disebut sebagai Season Five: Episode 2, sama seperti single pertamanya, “PDLIF”, yang dinamakan sebagai Season Five: Episode 1. Penggunaan kata season five sepertinya dapat dikaitkan dengan perilisan album berikutnya, karena Bon Iver sebelumnya telah mengeluarkan empat album yang setiap albumnya mendeskripsikan musim tertentu.

“AUATC” kini telah dapat dinikmati melalui berbagai layanan streaming musik digital atau melalui tautan di bawah ini.whiteboardjournal, logo