“Through The Window”, Inisiatif yang Berusaha Mengangkat Musik Asia dari London

Music
27.01.21

“Through The Window”, Inisiatif yang Berusaha Mengangkat Musik Asia dari London

Mengundang musisi/produser di seluruh Cina dan diaspora untuk membuat musik secara eksperimental dan terdesentralisasi.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Eastern Margins

Eastern Margins, sebuah medium yang didedikasikan untuk menciptakan sebuah ruang kreatif di London untuk musik dari Asia Timur dan Asia Tenggara, kabarnya akan membuat sebuah acara virtual hasil berkolaborasi bersama Shanghai Community Radio (SHCR)—platform dengan sistem livestreaming yang dibentuk untuk memamerkan, menginkubasi, dan mengarsipkan dunia seni bawah tanah Shanghai—dan TONG—sebuah badan lintas budaya antara Inggris dan Cina—dengan nama acara yakni “Through The Window”.

Acara virtual ini mengundang seluruh musisi/produser di seluruh Cina dan diaspora untuk berpartisipasi dalam membuat musik eksperimental dengan sistem produksi secara estafet. Melibatkan beberapa nama produser dan musisi pegiat musik eksperimental, elektronik, tekno, dan avant-garde yang berbasis di Cina; seperti 3ASiC, Guan, HARIKIRI, Yehaiyahan, Yider, dan YIKII dalam menggabungkan sebuah karya musik dengan sumber yang terbuka dan terdesentralisasi. Eastern Margins, Shanghai Community Radio, dan TONG mengharapkan nantinya akan mampu menggali dan memetakan lanskap komunal baru yang muncul di gelaran acara virtual Through The Window.

Seluruh proses berlangsungnya acara nanti akan disiarkan langsung melalui saluran Twitch dari Eastern Margins dan juga SHCR. Heatwolves 热浪 dan Jaya nantinya akan memandu berjalannya Through The Window, mereka akan memberikan saran dan contoh selama proses kreatif sebelum nanti hasilnya akan digabungkan ke dalam musik buatan para partisipan.

Nantinya para audiens juga bisa berpartisipasi selama berlangsungnya siaran langsung untuk memberi arahan dan saran sampel melalui live chat yang tidak memerlukan proses registrasi sebelumnya. Pihak penyelenggara acara sebisa mungkin sudah merancang proses produksi musik tersebut sesederhana mungkin dan hanya memerlukan persyaratan teknik dan keperluan dasar untuk melakukan siaran langsung. 

Bagi para musisi atau produser yang tertarik untuk mengikuti acara virtual “Through The Window”, kalian bisa mendaftarkan diri di sini. Sementara nantinya sumber musik terbuka yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa diakses di sini. Acara virtual tersebut rencananya akan diselenggarakan pada 31 Januari 2021 pukul 12.00-17.00 (UK)/ 20.00-01.00 (CHN).whiteboardjournal, logo