Film Pendek ‘Laut Memanggilku’ Memenangkan Piala di Busan Film Festival 2021

Film
18.10.21

Film Pendek ‘Laut Memanggilku’ Memenangkan Piala di Busan Film Festival 2021

Film pendek bertema pandemi yang dibintangi aktor-aktor cilik.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Deandra Aurellia
Foto: Tanakhir Films

Indonesia kembali menoreh prestasi di Busan Film Festival 2021, Korea Selatan, setelah menyumbang deretan film yang paling ditunggu tahun ini yaitu Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Yuni, dan Penyalin Cahaya. Selain itu, Laut Memanggilku karya Tumpal Tampubolon juga berhasil lolos seleksi.

Kabar membanggakan ini diumumkan oleh sutradara Tumpal Tampubolon lewat akun Instagram miliknya. Secara lebih detail, film yang diarahkannya ini dinobatkan sebagai Film Pendek Terbaik atau Sonje Award.

“Kabar baik dari Busan International Film Festival @busanfilmfest! Film LAUT MEMANGGILKU karya @lapmut terpilih sebagai Film Pendek Terbaik, atau Sonje Award,” tulis Tumpal Tampubolon di Instagramnya, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Laut Memanggilku adalah film bertemakan pandemi yang mengambil sudut pandang anak kecil, yaitu Sura, seorang anak nelayan yang hidup sebatang kara. Merindukan interaksi sesama manusia dan kasih sayang kerabat, Sura berteman dengan sebuah boneka yang ia temukan di pantai. 

Film ini menghadirkan dua aktor anak, Muhammad Umar dan Dikky Takiyudin, murid dari Sanggar Anak Harapan. Kesuksesan film ini, hingga keberangkatan Tumpal ke Korea didukung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.whiteboardjournal, logo