Di Spanyol, Kini Binatang Peliharaan Dianggap Anggota Keluarga Legal

Human Interest
16.01.22

Di Spanyol, Kini Binatang Peliharaan Dianggap Anggota Keluarga Legal

Negara lain yang menganggap binatang peliharaan sebagai sentient beings adalah Jerman, Swiss, Portugal, Prancis, dan Austria.

by Whiteboard Journal

 

Teks dan Foto: Nancy Rumagit

Spanyol baru saja mengeluarkan peraturan baru yang akan menganggap binatang peliharaan sebagai sentient beings. Dengan adanya peraturan ini, kini binatang peliharaan dianggap sebagai makhluk yang memiliki dan dapat mengekspresikan perasaan mereka. Peraturan ini tengah melalui proses 4 tahun untuk disetujui oleh Congress of Deputies di Spanyol dan baru saja dikeluarkan secara resmi pada tanggal 5 Januari 2022.

Peraturan terbaru ini pun akan menganggap binatang peliharaan sebagai anggota keluarga secara legal. Dengan ini, jika terjadi perpisahan dalam keluarga tersebut, maka binatang tersebut tidak boleh dipisahkan secara paksa dari salah satu pemiliknya tanpa konsekuensi secara hukum. Jika keluarga tersebut memiliki orang tua yang akan bercerai, maka nasib dari binatang peliharaan tersebut harus dipertimbangkan oleh para hakim dan juri selayaknya mereka sedang mempertimbangkan nasib seorang anak.

Peraturan ini juga berlaku di beberapa negara lain di Uni Eropa, seperti Jerman, Swiss, Portugal, Prancis, dan Austria. Inggris pun akan mengikuti jejak Spanyol dalam membuat peraturan ini, dan tengah menunggu keputusan dari the House of Lords.whiteboardjournal, logo